Google Rayakan Pi Day dengan Apple Pie Buatan Dominique Ansel

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 14 Mar 2018 12:04 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Hari ini Google rayakan Pi Day dengan google doodle berbentuk apple pie lezat. Tak sembarangan, apple pie ini dibuat pastry chef kenamaan Dominique Ansel.

Membuka halaman depan Google hari ini kamu bisa melihat tulisan Google dirangkai dari apple pie dan bahan-bahan penyusunnya. Google Doodle sengaja menampilkan apple pie untuk merayakan Pi Day yang jatuh tiap 14 Maret.

Pemilihan tangal 14 Maret (14/3) menyesuaikan angka 3, 1 dan 4 yang merupakan tiga angka penting pertama dari konstanta pi. Adalah Larry Shaw, fisikawan yang mencetuskan Hari Pi sekitar 30 tahun lalu. Pi sendiri adalah konstanta matematika yang menunjukkan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya.

Google Rayakan Pi Day dengan <i>Apple Pie</i> Buatan Dominique AnselGoogle Doodle Pi Day (Foto: Istimewa)

Hari Pi dirayakan dengan berbagai cara, termasuk menikmati pie lezat. Mengapa pie? Kata 'pie' mirip 'pi' yang juga punya kesamaan bunyi ketika dilafalkan.

Google secara khusus mengajak pastry chef terkenal, Dominique Ansel untuk membuat apple pie lezat. Dikutip dari The Sun (13/3), huruf Google disusun dari lembaran adonan pastry, gulungan mentega, apel dan kulit jeruk. Pie diletakkan di huruf G kedua pada kata Google dengan ukuran paling besar.

Baca Juga: Kimchi Jadi "Google Doodle" Hari Ini, Ada Apa Ya?

Dalam pembuatannya, Dominique menunjukkan proses meracik adonan pie. "Butuh tepung terigu, mentega, garam dan gula untuk membuat adonan pie," tuturnya di awal video. Ia lalu mencetak adonan pie dalam loyang bulat.

Google Rayakan Pi Day dengan <i>Apple Pie</i> Buatan Dominique AnselProses Pembuatan Apple Pie (Foto: Just a Taste)

Potongan apel kemudian disiapkan untuk menjadi topping pie. "Ada gula dan mentega yang dicampur bersama apel hingga terkaramelisasi dan empuk," jelas Dominique. Kreator Cronut ini menekankan pentingnya mengikuti resep saat membuat apple pie.

Sementara untuk dekorasinya berupa adonan berbentuk lingkaran dalam beragam ukuran yang disusun di atas apel. Apple pie lalu dipanggang sekitar 20-25 menit. "Apple pie ini resep sederhana tapi selalu ada twist untuk membuatnya jadi modern," tutur Dominique.

Google Rayakan Pi Day dengan <i>Apple Pie</i> Buatan Dominique AnselDomninique Ansel, Kreator Apple Pie untuk Google Doodle (Foto: Istimewa)

Mengenai keterlibatannya dengan Google, Dominique mengaku sangat senang meski harus berpikir out of the box menciptakan sesuatu yang baru. Chef Prancis ini juga menilai Google Doodle merupakan sarana komunikasi yang menarik untuk dibagikan pada dunia.

Google Doodle merupakan logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa sesuai perayaan atau acara tertentu di sebuah negara. Logo ini ditampilkan pada halaman depan (home) Google saat pengguna membukanya.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Pencipta Replika Makanan (adr/odi)