Citarasa Eksotik Bali

Hampir Semua Orang Cicipi Bebek Betutu hingga Ikan Bakar Jimbaran Jika ke Bali

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 13 Mar 2018 17:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Citarasa Eksotik Bali
Jakarta - Mampir ke Bali, jangan lupa mencicip sajian kuliner enak. Ada bebek betutu, nasi campur hingga ikan bakar Jimbaran yang selalu ingin dicicip wisatawan.

Makanan khas pulau dewata ini memang memiliki ciri khas dari bumbu rempahnya. Dengan aroma khas yang aromatik, sajian makanan Bali banyak disukai tak terkecuali para turis. Beberapa makanan yang sudah sejak lama dikenal dan populer adalah bebek betutu hingga nasi campur khas Bali.

Selain itu, detikFood juga mengurutkan beberapa makanan populer lainnya yang patut Anda coba. Bagaimana ya tampilannya?

1. Nasi Campur Bali

Nasi campur khas Bali.Nasi campur khas Bali. Foto: iStock

Nasi campur Bali disebut juga dengan nasi ramesan yang disajikan dengan beragam lauk. Sajian ini terdiri dari nasi putih dengan lawar sayuran, besisit, sate lilit, sambal hingga telur pindang. Beberapa pedagangpun menaruh lauk berbeda-beda.

Racikan nasi yang mengenyangkan ini biasa dijajakan di warung pinggir jalan ataupun rumah makan. Beberapa ada yang menambahkan lauk dan sayuran lain seperti tum ayam, jukut urap, kacang goreng hingga sambal matah.

Nasi campur Bali ini memiliki rasa yang agak pedas. Dan disajikan tidak hanya saat sarapan, namun juga untuk makan malam.

Kalau ke Bali jangan lupa mampir ke Warung Men Weti. Menjadi salah satu yang legendaris, warung ini sudah ada sejak tahun 1970-an yang berlokasi di Pantai Shindu, Sanur, Bali. Namun, setelah meninggal pada April tahun lalu, kini usahanya diteruskan oleh sang anak.

2. Bebek Betutu

Hampir Semua Orang Cicipi Bebek Betutu hingga Ikan Bakar Jimbaran Jika ke BaliBebek betutu. Foto: dok. detikFood

Ini merupakan sajian tradisional khas Bali. Ada dua jenis bebek betutu di Bali yaitu Gilimanuk dan Gianyar. Bebek betutu Gilimanuk memiliki cita rasa yang pedas. Sedangkan bebek betutu Gianyar memiliki rasa gurih namun tak terlalu pedas.

Dalam proses pembuatannya juga berbeda. Betutu khas Gilimanuk diracik dengan bumbu sederhana yaitu cabai rawit, bawang putih dan garam. Sedangkan Gianyar memakai dua jenis bumbu yaitu basa genep dan base wangen yang dimasak secara slow cooking kurang lebih 12 jam.

Kalau mau mencicip bebek betutu, Anda bisa mampir ke Bebek Bengil hingga Ayam Betutu Men Tempeh yang ada di kawasan Gilimanuk, Melaya, Jembrana, Bali.

Baca juga: Warung Made Weti: Rela Berdesakan Demi Sepiring Nasi Bali di Pinggir Pantai

3. Bebek Goreng Bali

Hampir Semua Orang Cicipi Bebek Betutu hingga Ikan Bakar Jimbaran Jika ke BaliBebek bali dengan paduan sambal. Foto: Dok. detikFood

Bebek goreng khas Bali disajikan dengan pelengkap berupa urap sayuran khas Bali dan sambal matah. Bebek khas Bali ukurannya agak kecil dan diungkep terlebih dahulu dengan ragam bumbu hingga empuk. Digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan garing.

Kemudian disajikan dengan nasi putih, urap kacang panjang atau urap sayuran dan paduan sambal matah yang pedas dan segar. Kalau makan bebek goreng Bali, hati-hati bakalan nambah nasi!

4. Ikan Bakar Jimbaran

Ikan bakar Jimbaran.Ikan bakar Jimbaran. Foto: dok. detikFood

Jalan-jalan ke Bali jangan lupa mencicip ikan bakar Jimbaran ini. Jimbaran terkenal dengan makan malam dengan suasana pantai dan sajian seafood bakar. Ada banyak jenis ikan yang disajikan, mulai dari ikan kuwe, kerapu hingga gurame. Bumbunya biasanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, ketumbar, buah asam hingga lengkuas.

Setelah dibakar, sajian ikan atau seafood yang sudah diolesi bumbu ini disajikan dengan sambal matah yang dicampur perasan air jeruk hingga limau.

5. Babi Guling

Hampir Semua Orang Cicipi Bebek Betutu hingga Ikan Bakar Jimbaran Jika ke BaliBabi guling dengan paduan nasi campur. Foto: iStock

Ini menjadi salah satu masakan tradisional khas Bali yang non halal. Babi guling yang sudah melalui proses pemanggangan memiliki warna kulit yang kecokelatan dengan tekstur renyah. Dipadu dengan bumbu base genep Bali dan sayur daun singkong yang dimasukkan ke dalam perut babi dan diguling di atas bara api hingga matang sempurna.

Baca juga: Selingsing Cepaka dan Depot Melati, Tempat Jajan Babi Guling Enak di Bali! (1)

Orang Bali biasanya menikmati babi guling dengan nasi putih bersama dengan lawar, sate lilit hingga semangkuk kecil jukut ares. Salah satu yang paling populer adalah Babi Guling Ibu Oka di kawasan Gianyar, Bali.

6. Rujak Kuah Pindang

Hampir Semua Orang Cicipi Bebek Betutu hingga Ikan Bakar Jimbaran Jika ke BaliRujak kuah pindang khas Bali. Foto: Detik Forum

Rujak kuah pindang memang cukup unik. Rujak buah ini diberi kuah pindang. Kuah dibuat dari ikan, garam, asam, daun salam, gilingan cabai rawit dan terasi. Adapun buah untuk rujak umumnya terdiri dari kedondong, mangga muda, nanas, mentimun dan bengkuang. Buah diiris tipis. Rujak kuah pindang rasanya begitu kaya, karena campuran asam segar, pedas dan gurih.

Baca juga: Mau Makan Siang Nasi Campur Bali? Lihat Rekomendasi dari Netizen (lus/odi)
FOKUS BERITA Citarasa Eksotik Bali