Wah, Ternyata Paprika Ada Jenis Kelaminnya Lho!

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 13 Mar 2018 14:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tidak hanya memiliki warna dan nutrisi yang berbeda. Parpika ternyata juga memiliki gender, yaitu jantan dan betina.

Paprika disebut juga bell pepper karena bentuknya seperti lonceng. Termasuk Capsicum annuum yang terkenal di berbagai benua sebagai 'cabai manis' karena rasanya yang tak terlalu pedas. Warnanya ada yang hijau, kuning, merah, oranye dan ungu.
Ternyata Tidak Hanya Berbeda Warna, Paprika Juga Punya Jenis KelaminFoto: iStock

Meski sekilas terlihat sama, ternyata paprika memiliki gender yang berbeda. Dilansir dari Food Envy (02/18), paprika betina bentuknya lebih bulat dan memiliki empat tonjolan di bagian bawah. Paprika betina memiliki lebih banyak biji di dalamnya, rasanya juga lebih manis ketika dimakan segar dibandingkan rasa paprika jantan. Paprika betina biasanya dicampurkan ke dalam salad, atau sandwhich.

Sementara paprika jantan bentuknya lebih tinggi dan ramping, mereka hanya memiliki tiga tonjolan di bagian bawah. Rasanya tidak manis, dan tidak mudah layu dalam suhu panas. Cocok digunakan dalam masakan yang ditumis, goreng, hingga panggang.

Selain gender, paprika juga memiliki harga yang berbeda di pasaran. Menurut penulis Margaratge Minnicks, ini dikarenakan perubahan bentuk warna paprika mempengaruhi nilai nutrisinya. Paprika juga memiliki banyak warna, seperti ungu, merah muda, biru, violet, hingga putih, tergantung masa panennya.
Ternyata Tidak Hanya Berbeda Warna, Paprika Juga Punya Jenis KelaminFoto: iStock

Meski berasal dari tanaman yang sama, ada faktor mendasar yang menentukan perbedaan harga mereka. Umumnya paprika kuning, oranye, dan merah memiliki harga yang lebih mahal dari paprika hijau, karena paprika berwarna merah membutuhkan lebih banyak waktu untuk dipanen dan memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak.

Semakin lama paprika berada di pohon, maka semakin mahal harganya karena memiliki banyak nutrisi gizi. Paprika merah mengandung lebih banyak vitamin C karena asupan 26kkal energi, 0.99g protein, 2g serat, 190mg vitamin C, 03g. Serta paprika kuning memiliki kandungan 27kkal energi, 1g protein, 0.9 g serat, 183.5mg vitamin C, 0.21g.

Baca Juga: Paprika Merah Lebih Kaya Nutrisi Dibandingkan Paprika Hijau dan Kuning?
Ternyata Tidak Hanya Berbeda Warna, Paprika Juga Punya Jenis KelaminFoto: iStock

Sementara paprika hijau memiliki harga yang paling murah, paprika jenis ini warnanya terlihat kurang matang karena dipanen lebih cepat atau masih muda sehingga nutrisinya tidak sebanyak paprika warna lainnya.

Akan tetapi semua jenis paprika kaya akan vitamin A dan C. Paprika merah punya kandungan beta caroten 11 kali lebih banyak daripada paprika hijau. Sedangkan paprika kuning lebih kaya vitamin C dibandingkan paprika hijau.

(sob/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat