Ini Cara Bikin Teh Tubruk yang Enak ala India

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 13 Mar 2018 07:38 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kalau tidak minum kopi, teh tubruk bisa jadi minuman di pagi hari yang menyegarkan. Untuk mendapat air teh yang rasanya maksimal, ikuti tips ini.

Teh hitam merupakan jenis teh yang paling disukai orang di dunia. Di Inggris dan India teh hitam menjadi minuman wajib saat sarapan. Rasanya yang pekat enak dipadukan dengan gula, madu dan susu.

Teh hitam atau black tea bias diseduh dari teh kantong atau teh daun. Untuk rasa yang lebih pekat atau 'nasgitel', panas legi kentel atau panas manis kental, ikuti langkah berikut yang dikutup dari food.ndtv (9/3) ini.

Baca Juga : Teh Hitam dan Teh Hijau, Mana yang Lebih Menyehatkan?


Ini Cara Bikin Teh Tubruk yang Enak ala IndiaFoto: Istimewa

1. Daun teh
Pilih daun teh hitam yang berkualitas bagus. Tentunya yang dikemas rapat atau baru dibuka dari kemasan. Jenis teh hitam daun bisa sesuai dengan selera. Banyak jenis teh lokal yang dikemas dengan kertas yang bisa dipilih.

2. Air
Didihkan air secukupnya dalam panci di atas api sedang, sebanyak jumlah air teh yang diinginkan. Gunakan air bersih dan bukan air yang sudah direbus supaya tak mempengaruhi rasa teh.

Ini Cara Bikin Teh Tubruk yang Enak ala IndiaFoto: thinkstock

3. Masukkan daun teh
Masukkan daun teh ke dalam air mendidih dan aduk perlahan selama sekitar 2 menit. Matikan api dan biarkan terendam selama maksimal 3 menit.

Ini Cara Bikin Teh Tubruk yang Enak ala IndiaFoto: iStock

4. Saring
Saring air teh ke dalam poci. Teh hitam siap disajikan dengan tambahan gula pasir, gula batu atau susu. Sebaiknya nikmati selagi hangat.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Ini Saat Menyeduh Teh Hitam (odi/odi)