Hii..! Wanita Ini Membuat Cokelat dari Plasentanya Sendiri!

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 12 Mar 2018 19:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Georgia - Seorang wanita asal Georgia, Amerika Serikat membuat cokelat dari daging plasentanya sendiri. Kira-kira gimana jadinya, ya?

Plasenta sendiri adalah organ berbentuk kantung yang berfungsi sebagai 'rumah' bagi janin bertumbuh kembang selama dalam perut ibu.
Tren memakan plasenta setelah melahirkan memang marak di Amerika, Eropa, dan China.

Banyak orang yang percaya kalau plasenta punya banyak manfaat bagi tubuh. Konon tren ini berasal dari pengobatan China kuno. Plasenta dianggap bisa memberi vitamin, mineral, dan hormon baik dalam tubuh ibu seperti dilansir Daily Mail (12/3).

Hii..! Wanita Ini Membuat Cokelat dari Plasentanya Sendiri!Foto: Istimewa

Kalau biasanya plasenta dimasak dengan cara direbus dan dijadikan kapsul, seorang wanita bernama Kiley Whitworth justru mengubahnya jadi cokelat.

Ibu dua anak ini mengunggah kreasi plasentanya ini lewat seri Twitter pribadinya lapor mirror.co.uk (8/3). Awalnya ia membuka lapisan kulit tipis di sekitar plasenta. Kemudian memotong tali plasenta. Tali plasenta dan kulit tipis di awal tadi kemudian ia panggang. Sedangkan plasenta utuh tanpa tali direbus.

Baca Juga: Negara-negara Ini Punya Aturan untuk Konsumsi Ganja dan Plasenta

Setelah direbus, plasenta tersebut dipotong dan dipanggang hingga menghitam. Kemudian seluruh bagian plasenta yang sudah dipanggang dihaluskan hingga menjadi bubuk plasenta

Nah bubuk inilah yang ia jadikan campuran membuat cokelat. Dengan cara mencampurkan bubuk plasenta dengan Oreo yang sudah dihaluskan. Adonan ini kemudian dibentuk bulat dan dicelupkan ke dalam lelehan cokelat vanilla.

Hii..! Wanita Ini Membuat Cokelat dari Plasentanya Sendiri!Foto: Istimewa

Cokelat berbentuk hati yang diunggahnya itu hanyalah lelehan choco chips yang dicetak ke dalam cetakan cokelat berbentuk hati. Diakhir video, ibu dua anak itu melahap bola cokelat plasentanya sambil mengacungkan jempol.

Plasenta yang ia jadikan cokelat ini merupakan plasenta saat dirinya melahirkan anak kedua bernama Samuel Selasa lalu. Ia memakan plasentanya karena setelah melahirkan, ia melihat kapsul plasenta.

"Setelah saya melahirkan Samuel dengan proses normal, saya melihat sebuah kapsul plasenta. Saya ragu karena saya tahu ini menjijikkan. Setelah melakukan riset tentang khasiat ini saya memutuskan untuk melakukan ini karena ini kesempatan sekali seumur hidup," tutur ibu muda berusia 23 tahun tersebut.

"Anak kalian hidup dari situ. Mereka mendapat nutrisi yang dibutuhkan dari tubuh Anda (lewat plasenta), jadi ketika Anda melahirkan dan mengeluarkan ini, Anda kehilangan semua nutrisi tadi," tambahnya.

Hii..! Wanita Ini Membuat Cokelat dari Plasentanya Sendiri!Foto: Istimewa

Video dan Twitter seri yang ia unggah mendapat banyak komentar dari netizen. Ada yang pro dan kontra. Bahkan ada yang menyebut dirinya kanibal. Tapi ibu yang mempunyai pikiran yang sama dengan Kiley justru mendukung hal yang dilakukan Kiley.

"Akan ada beberapa reaksi, orang akan mengatakan menjijikkan, itu kanibalisme, Anda memakan diri Anda sendiri. Tapi menurutku mereka bodoh," tutur Kiley.

Ia juga menambahkan, "Aku punya banyak dukungan dan cinta yang datang dari banyak orang di pesan pribadi dan banyak yang merasa terinspirasi untuk melakukan hal yang sama."

Ibu asal Georgia, AS, ini menutup pembicaraan dengan mengatakan, "Hampir semua binatang memakan plasentanya setelah melahirkan, itu pasti ada alasannya. Kenapa tidak melihat dari sudut pandang itu? Pastikan Anda didampingi oleh ahli yang terbiasa melakukan ini, karena kalau dilakukan tidak benar, Anda bisa membuat diri Anda sakit."

Baca Juga: Plasenta dan Darah Diolah Jadi Makanan Unik, Mau Mencoba? (adr/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat