Sajian Warung Kaki 5

Bagaimana Ya Rasa Burung Dara Goreng yang Dipadu dengan Sambal Ulek?

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 09 Mar 2018 14:40 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Meskipun ada ayam dan lele goreng, yang jadi andalan di warung tenda ini adalah burung dara. Rasanya gurih, makin enak disantap dengan nasi dan sambal. Mantap!

Sambil menunggu jalanan lengang, nanti malam kamu bisa mampir mencicip nasi uduk dengan lauk enak di warung ini. Bernama Nasi Uduk 'Arbaya', lokasinya ada di seberang Taman Makam Pahlawan yang buka pada pukul 17.00 hingga 02.00 pagi.

Bagaimana Ya Rasa Burung Dara Goreng yang Dipadu dengan Sambal Ulek?Tampilan warung tenda di Pusat Kuliner TMP Kalibata. Foto: Dok. detikFood

Ragam lauk yang tersedia di Arbaya ada ayam goreng, bebek goreng, burung dara goreng, lele goreng, tahu, tempe hingga ati ampela. Menurut salah satu karyawan, yang paling banyak penggemarnya adalah bebek goreng dan juga burung dara goreng.

Berdiri sejak 10 tahun lalu, warung tenda ini memang tak pernah sepi pengunjung. Penasaran dengan menu andalannya, kamipun mencoba burung dara goreng (Rp 35.000). Satu ekor burung ukurannya sedang dan cukup untuk satu orang. Berbeda dengan daging ayam atau bebek, burung dara tekstur dagingnya agak lebih liat dan warnanya kecokelatan dengan rasa yang gurih.

Burung dara goreng dengan paduan sambal ulek.Burung dara goreng dengan paduan sambal ulek. Foto: Dok. detikFood

Makin enak disantap dengan nasi uduk bertabur bawang goreng dan sambal ulek. Sambalnya tidak terlalu pedas, melainkan bercampur dengan tomat sehingga rasanya enak dan bikin ingin nambah.

Kalau belum puas dengan burung dara goreng, kamu juga bisa mencoba tahu goreng (Rp 1.000) dan ati ampela (Rp 4.000). Makin enak dinikmati dengan lalapan berupa irisan mentimun dan daun kemangi.

Baca juga: Mampir ke Kalibata? Jangan Lupa Jajan Bakso, Nasi Uduk hingga Wedang Jahe

Bagaimana Ya Rasa Burung Dara Goreng yang Dipadu dengan Sambal Ulek?Para pengunjung yang datang ke Nasi Uduk 'Arbaya'. Foto: Dok. detikFood

Burung dara sepertinya tak banyak dijual di pasaran. Menurut salah satu karyawan bebek ataupun burung dara didatangkan langsung dari pemasok langganan. "Rata-rata dapat kiriman 40-50 ekor burung dara sehari. Pernah juga 60 ekor. Tapi kalau lagi susah cuma dapat 1 ekor," jelas Alfan salah satu karyawan Arbaya.

Nah, kalau malam ini mau coba makan burung dara goreng enak. Langsung saja mampir ke sini!

(adr/odi)