Bukan Sembarang Lapisan, Bubuk Putih pada Blueberry Ini Punya Fungsi Penting

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 09 Mar 2018 13:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jika diperhatikan, permukaan buah blueberry seperti dilapisi bubuk putih. Bukan sembarang lapisan, ternyata bubuk ini punya fungsi penting tersendiri.

Buah yang rasanya asam ini memang mulai banyak diminati. Sebagai topping cake, campuran jus buah, ataupun dijadikan selai. Selain itu buah blueberry mengandung antioksidan yang tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa anthocyanin yang terkandung dalam phytonutrients, zat yang memberi warna gelap pada blueberry.

Baca Juga: Mana yang Lebih Efektif Turunkan Berat Badan? Blueberry atau Raspberry?
Bukan Sembarang Lapisan, Bubuk Putih pada Blueberry Ini Punya Fungsi PentingFoto: iStock

Baru-baru ini Matt Tebutt, chef sekaligus presenter dari Inggris menemukan penjelasan mengapa blueberry memiliki lapisan putih yang menutupi permukaan buah. Penjelasan ini dia dapatkan ketika tengah berkunjung ke salah satu perkebunan blueberry di Polandia.

Perkebunan ini mengirimkan setidaknya 500 ton buah blueberry ke Inggris setiap tahunnya. Dilansir dari Daily Mail (05/03), sang pemilik kebun, Agata Malkiewicz menjelaskan kepada Matt, "Bubuk putih itu merupakan lapisan lilin yang menutupi blueberry yang disebut 'bloom,' berguna untuk melindungi buah,"

Agata juga menjelaskan bahwa lapisan ini alami, tidak bersifat artifisial. Lapisan putih ini justru melindungi buah dari kerusakan eksternal.
Bukan Sembarang Lapisan, Bubuk Putih pada Blueberry Ini Punya Fungsi PentingFoto: iStock

Matt kemudian menambahkan bahwa bloom dikenal sebagai epicuticular wax, yaitu lapisan lilin yang membantu menghentikan bakteri dan spora jamur agar tidak menempel pada buah dan merawat buah.

Sebenarnya semua buah memiliki bloom, hanya saja warna buah blueberry yang gelap membuat lapisan lilin putih ini sangat terlihat.

Agata menyarankan untuk memilih buah blueberry yang tertutupi lapisan putih, karena semakin tebal lapisan putihnya semakin segar buah blueberry tersebut.

"Lapisan lilin itu bagus untuk menjaga kelembaban serta menjaga kesegaran buah, sehingga banyak perkebunan yang tidak mencuci buah blueberry hingga sampai di supermarket untuk menjaga kesegaran buah," jelas Matt.
Bukan Sembarang Lapisan, Bubuk Putih pada Blueberry Ini Punya Fungsi PentingFoto: iStock

Buah blueberry biasanya dipanen dengan tangan, itulah penyebab mengapa harga buah ini lebih mahal dari harga buah lainnya.

Di Inggris buah blueberry dijual seharga £ 12 atau sekitar Rp. 230,000 per kilo, kisaran harga yang lima kali lebih tinggi dari satu kilo gram apel. Tapi ada juga beberapa buah blueberry yang dipanen menggunakan mesin untuk produksi jus buah dan minuman lainnya.

Baca Juga: Makan Strawberry dan Blueberry Cegah Penuaan Dini pada Otak (sob/adr)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat