Peringati Hari Perempuan Sedunia, KFC Juga Ubah Logo Restoran

Devi Setya - detikFood Jumat, 09 Mar 2018 09:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta -
International Women Day atau Hari Perempuan Sedunia diperingati oleh banyak orang di belahan dunia manapun. Jaringan restoran fast food raksasa juga ikut meramaikannya.

Hari peringatan untuk lebih menghargai kaum hawa ini tak dilewatkan begitu saja oleh McDonald's dan KFC. Restoran skala internasional ini bahkan secara total mengubah logo restoran. Tujuannya tentu saja untuk menunjukkan apresiasinya pada perempuan di dunia.

McDonald's membalik logo huruf M menjadi W, sementara KFC Malaysia memperkenalkan Mrs. Sanders.

Di Amerika, semua logo McDonald's yang terpampang dalam bentuk digital diubah menjadi huruf W. Menurut beberapa sumber, logo ini juga ditunjukkan pada semua saluran media sosial perusahaan.

Khusus di Amerika, beberapa restoran McDonald's bahkan memiliki kemasan khusus untuk makanan, seragam serta topi khusus untuk meramaikannya Hari Perempuan Sedunia.
Tak hanya McDonald's, sang rivalnya yakni KFC juga tak mau kalah untuk meramaikan Hari Perempuan Sedunia. KFC Malaysia misalnya yang secara resmi memperkenalkan Mrs. Sanders pada masyarakat.

KFC bekerja sama dengan IPG Mediabrands Society and Universal McCann (UM) untuk mengganti wajah Kolonel Sanders dengan wajah Claudia Sanders yang kemudian disebut sebagai Mrs. Sanders.

Kepada Marketing- Interactive, pihak KFC mengatakan mereka mengakui kesuksesan yang diraihnya juga berkat para wanita yang bekerja dalam perusahaan makanan ini. Misalnya saja banyak wanita yang bekerja kasir dan staff di restoran ini. Oleh karenanya khusus di Hari Perempuan Sedunia tahun ini, tim Society dan UM memutuskan untuk mengenalkan sosok Claudia Sanders.

Stanley Clement selaku managing director Society mengatakan kalau langkah KFC ini sudah benar. Terlebih banyak wanita yang kini lebih proaktif dan tidak terpengaruh perbedaan gender.

Claudia Sanders sendiri adalah istri dari Kolonel Sanders. Jadi tampaknya sosok ini sudah pas mendampingi logo Kolonel Sanders yang selama ini jadi ikon KFC.

Perkenalan sosok Mrs. Sanders ini berlangsung seharian tepat di tanggal 8 Maret 2018. Selain itu, KFC Malaysia juga mengajak masyarakat untuk berbagi foto di instagram atau berbagi kisah seputar wanita yang menginspirasi. Untuk memudahkan pencarian, postingan ini harus disertai dengan hastag #KFCIWD.
Bersamaan dengan itu, kampanye tersebut menyoroti tiga kisah inspirasional staf KFC yang terlepas dari tantangan, cacat atau perjuangan keluarga dalam jaringan KFC.

Merrill Pereyra, CEO- Restaurant Division QSR Brands mengatakan, "57% orang yang bekerja untuk KFC Malaysia adalah wanita. Kami menyadari bahwa keberagaman gender tenaga kerja adalah baik untuk bisnis. Wanita memiliki komitmen; Mereka memiliki bakat unik dan kemahiran. Ini adalah fakta bahwa mereka juga memainkan peran luar biasa untuk bisnis ini.

Pereyra menambahkan, "Bagi semua wanita KFC dan dunia di luar sana, kami ingin mengatakan bahwa masa depan Anda selalu cerah, setara, aman dan bermanfaat. Teruslah menginspirasi memberi pengaruh positif dalam kehidupan, dan terima kasih atas semua kerja keras dan kontribusi Anda terhadap bisnis ini." (dvs/odi)