Teh Klasik Hingga Kekinian

Gimana Ya Rasa Teh Melati dan Cokelat Kalau Dilapisi Cream Cheese?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 02 Mar 2018 18:40 WIB
Foto: dok.detikFood/Istimewa
Jakarta - Cheese tea atau teh keju kian populer. Berawal dari Taiwan dan China, minuman teh dengan rasa unik ini sudah bisa dicicip di Jakarta.

Setelah milk tea, di Taiwan muncul tren paduan teh dengan keju bernama cheese tea. Diracik dari teh panas atau dingin lalu diberi lapisan lembut krim keju di atasnya.

Di Taiwan, merek cheese tea yang paling terkenal adalah Regiustea. Kabarnya Regiustea memakai keju krim Australia sehingga banyak disukai orang. Mereka juga punya metode pengolahan teh berbeda, salah satunya dengan teknik 'cold brewed.'

Gimana Ya Rasa Teh Melati dan Cokelat Kalau Dilapisi <i>Cream Cheese</i>?Foto: dok.detikFood/Istimewa

Baca Juga: Cheese Tea, Racikan Teh dan Keju Asal Taiwan yang Mulai Populer

Sementara di China, cheese tea atau naigai cha sampai membuat antrean mengular di gerai-gerai penyedianya. Berawal dari Guangzhou, cheese tea populer di seluruh China.

Di Indonesia, cheese tea pertama kali populer di Medan. Di Sun Plaza ada gerai Cheese Tea yang menyediakan aneka minuman teh dengan paduan keju. Ada juga Cui Ta yang tawarkan minuman dengan tambahan cheese mousse.

Nah, di Jakarta, salah satu gerai cheese tea yang bisa ditemui adalah Otaru Secret. Pilihan minumannya ada Jasmine Tea, Lemon Tea, Chocolate Tea dan Matcha Tea.

Gimana Ya Rasa Teh Melati dan Cokelat Kalau Dilapisi <i>Cream Cheese</i>?Foto: dok.detikFood/Istimewa

Jasmine tea dibanderol Rp 18.000 per gelas. Racikan teh melati panas ditambahkan banyak es batu dalam gelas plastik. Terakhir diberi cream cheese lembut yang sudah didinginkan di kulkas sebelumnya.

Untuk menyesap teh ini ada panduannya. Pertama, sobek lembaran plastik di atas gelas dengan pisau plastik kecil. Sesap langsung kejunya dengan mulut. Menggunakan sedotan, Anda bisa mencicip paduan teh dan keju bersamaan. Kalau suka, Anda bisa mencampurkan teh dan keju.

Rasa teh melati yang ringan rupanya kalah dengan gurih manisnya cream cheese yang dominan. Ada paduan tekstur yang unik saat menyesap minuman ini dengan sedotan. Konsistensi teh yang cair seperti terpisah dari busa keju yang tebal dan padat.

Gimana Ya Rasa Teh Melati dan Cokelat Kalau Dilapisi <i>Cream Cheese</i>?Foto: dok.detikFood/Istimewa

Baca Juga: Demi Mencicip Cheese Tea, Warga China Rela Antre 7 Jam!

Bagi kami penggemar teh, rasa minuman ini kurang masuk selera kami. Tapi saat mencoba cream cheese dengan paduan cokelat dan teh, rasanya justru sangat enak. Karena konsistensi cokelat yang kental dan cukup manis berpadu seimbang dengan gurihnya keju.

Harga minuman Chocolate Tea dibanderol sedikit lebih mahal yaitu Rp 20.000. Kabarnya varian ini termasuk yang paling favorit.

Kalau kamu penasaran cheese tea, bisa segera mencicipnya di gerai Otaru Secret. Lokasinya ada di Pejaten Village. Selamat mencoba!

(adr/odi)