Teh Klasik hingga Kekinian

Sensasi Rasa Teh Buah, Teh Bunga dan Teh Susu yang Punya Khasiat

Devi Setya - detikFood Jumat, 02 Mar 2018 17:50 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Jika mau menikmati beragam teh maka cobalah datang ke butik teh atau beli teh premium. Di Jakarta ada tempat untuk menjajal teh bunga, buah dan lainnya.

Meskipun aslinya berasal dari tumbuhan camellia sinensis tapi kini banyak varian teh. Teh yang dicampur dengan bunga, buah atau bahan lainnya atau yang populer disebut tisane.

Untuk teh bunga saja jenisnya sudah sangat banyak. Berbagai bunga bisa diolah menjadi tisane, atau kemudian dipadu dengan daun teh. Semuanya diracik dengan takaran khusus supaya aroma, rasa dan khasiatnya maksimal.
Sensasi Rasa Teh Buah, Teh Bunga dan Teh Susu yang Punya KhasiatFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Sebut saja beberapa jenis bunga yang banyak dijadikan campuran dalam racikan teh. Bunga mawar, melati, chamomile, krisan dan lainnya sudah jadi racikan teh populer yang banyak disukai orang.

Baca juga : Slurrpp! Segarnya Es Teh dengan Paduan Lychee hingga Peach

Demikian juga dengan teh dari buah. Jika teh bunga memiliki aroma yang semerbak maka teh buah punya aroma dan rasa yang segar.

Di Jakarta sendiri ada butik teh yang menyediakan puluhan varian teh mulai teh original, teh bunga, teh buah dan olahan teh lainnya.

Butik teh Lewis & Carroll Tea, Jakarta misalnya, satu tempat yang bisa dijadikan destinasi saat mencari teh yang semerbak dan segar.
Sensasi Rasa Teh Buah, Teh Bunga dan Teh Susu yang Punya KhasiatFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Salah satu menu teh bunga yang jadi andalan adalah Summer Bloom. Kombinasi antara white tea China, bunga lili, bunga globe amaranth dan melati. Semua bunga dan teh ini dijahit hingga menjadi bola. Teh ini di China disebut sebagai 'kwa cha'.

Saat diseduh, bunga ini mengembang dan menjadi rangkaian yang cantik. Dibutuhkan waktu sekitar 5-7 menit penyeduhan hingga teh bisa diminum. Aromanya semerbak namun lembut.

Rasanya juga ringan dengan kosistensi tidak terlalu pekat. Menurut Abdul Rohim selaku barista teh, varian summer blooming ini cocok dinikmati hangat dan bisa membawa efek rileks.

Sementara jenis teh buah yang segar salah satunya adalah Red Ruby Skies. Teh yang satu ini terbuat dari kombinasi elderberries, apel, hibiscus dan blackcurrants.
Sensasi Rasa Teh Buah, Teh Bunga dan Teh Susu yang Punya KhasiatFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Warna tehnya merah terang dengan aroma asam yang segar. Meskipun tanpa gula, teh ini terasa manis dan asam. Teh buah ini bisa dinikmati dalam keadaan panas maupun dingin.

Baik teh bunga maupun teh buah, mereka sama-sama tidak boleh diseduh dengan suhu air mendidih. Abdul Rohim mengatakan suhu idealnya adalah kisaran 70 derajat celsius.

Baca juga : Teh Herbal Tidak Termasuk Golongan Teh, Kenapa Ya?

Bukan hanya teh yang langsung diseduh dengan air hangat. Di butik teh ini juga ada varian teh yang dikombinasikan dengan susu dan rempah. Salah satunya Prana Chai.
Sensasi Rasa Teh Buah, Teh Bunga dan Teh Susu yang Punya KhasiatFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Segelas teh ini terbuat dari campuran black tea dan berbagai rempah. Kemudian teh disiram dengan susu kedelai hangat. Jika biasanya teh memberikan efek tenang, maka teh yang satu ini bisa diandalkan untuk mengembalikan stamina.

Abdul Rohim mengatakan teh ini cocok diminum usai berolahraga. "Pagi habis olah raga, orang lelah butuh pemulih stamina. Teh ini cocok. Ada tehnya, susunya dan rempahnya juga," kata pria ramah ini.

Bukan hanya pelepas dahaga, teh sebenarnya bisa jadi minuman yang memiliki beragam manfaat. Varian yang sangat banyak membuat rasa dan aroma teh bisa dinikmati sesuai selera.

(dvs/odi)
Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu

Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu