Teh Klasik hingga Kekinian

Mengintip 12 Tradisi Minum Teh di Tibet, Argentina hingga Irak (2)

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 01 Mar 2018 16:40 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Penduduk di tiap negara ternyata gemar minum teh. Selain yang modern, teh racikan tradisional juga disukai. Sangat cocok untuk berkumpul dengan keluarga.

Minum teh juga merupakan bagian dari kebudayaan dan status sosial tiap negara. Keterampilan menyajikan teh hingga cara meminumnya ini dilestarikan secara turun temurun. Meskipun berbeda-beda, ritual minum teh di berbagai negara bisa jadi salah satu cara membangun kehangatan keluarga.

Baca juga: Teh Mate, Minuman Unik dari Amerika Selatan yang Kaya Antioksidan

7. Thailand

Mengintip 12 Tradisi Minum Teh di Tibet, Argentina hingga Irak (2)Foto: iStock

Ketika Perang Sipil China berakhir pada tahun 1949, para pengungsi melarikan diri ke Thailand dengan membawa serta unsur budaya China termasuk tradisi teh. Tapi budaya teh Thailand menjadi unik dengan evolusi teh es Thailand yang berwarna kuning atau Cha Yen, campuran teh Ceylon atau Assam dengan gula, susu kental manis dan rempah-rempah seperti adas manis, asam Jawa dan jeruk serta diberi pelengkap es.

Minuman dingin ini biasanya dinikmati anak muda untuk dinikmati sehari-hari saat udara panas.

8. Taiwan

Mengintip 12 Tradisi Minum Teh di Tibet, Argentina hingga Irak (2)Foto: Istimewa

Sebuah inovasi modern tentang tradisi China adalah Taiwanese bubble tea. Minuman ini disebut-sebut tinggi kalori dengan paduan teh hitam, teh hijau, jasmine atau oolong. Minuman teh ini dipadu bersama dengan bola-bola yang dibuat dari tepung tapioka berbentuk bulat dan berwarna hitam.

Konon, minuman ini sudah ada sejak tahun 1988, ketika Lin Hsiu Hui, seorang manager pengembangan produk di kedai teh Chun Shui Tang menjatuhkan beberapa bola tapioka ke minuman tersebut dan ternyata banyak yang menyukainya. Hingga akhirnya minuman ini mendunia.

9. Jepang

Mengintip 12 Tradisi Minum Teh di Tibet, Argentina hingga Irak (2)Foto: Istimewa

Seperti China, Jepang juga memiliki upacara minum teh yang dikenal dengan nama seperti Chanoyu, Sado, atau Ocha. Pergerakan dalam meracik ini dilakukan secara hati-hati untuk para tamu yang dilayani. Upacara ini mencakup beberapa hal mulai dari persiapan peralatan hingga makanan pendampingnya. Jenis teh yang disajikan tegrantung waktu dan musim, akan tetapi teh hijau bubuk atau matcha menjadi teh yang paling disukai.

10. Pakistan

Mengintip 12 Tradisi Minum Teh di Tibet, Argentina hingga Irak (2)Foto: Istimewa

Teh adalah minuman yang biasa disajikan kepada para tamu. Unsur budata Kashmir, Noon Chai adalah campuran teh khusus yang mencakup campuran pistachio, kacang almond, garam, susu dan rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis dan adas. Sangat mudah untuk memilih karena warna merahnya yang khas, yang bisa disempurnakan dengan sedikit baking soda.

Dilayani pada acara-acara khusus, Noon Chai biasanya dinikmati dengan kue kering seperti sheermaal, kandir tchot, bakarkhani, dan kulcha.

11. Belanda

Mengintip 12 Tradisi Minum Teh di Tibet, Argentina hingga Irak (2)Foto: iStock

Orang Belanda biasanya menikmati teh sebelum makan siang dan setelah makan malam. Orang Belanda biasanya menikmati secangkir teh hangat dengan sekeping biskuit yang diletakkan di pinggir alas cangkir. Teh ini biasanya diracik tanpa campuran susu dan lebih encer dibandingkan dengan teh Inggris.

12. Irak

Mengintip 12 Tradisi Minum Teh di Tibet, Argentina hingga Irak (2)Foto: Istimewa

Ternyata setiap keluarga di Irak selalu menyempatkan diri untuk berkumpul sore hari dengan keluarga. Setiap anggota keluarga duduk melingkat dan berbincang di ruang tamu sambil menunggu teh disajikan. Proses pembuatan tehnya diawali dengan menyeduh daun teh ke dalam teko dan dituangi dengan air mendidih hingga daun terlihat naik ke permukaan. Setelah itu, teh dituangkan ke dalam cangkir.

Baca juga: Manis Kenyal Bubble Tea yang Tak Pernah Membosankan (lus/odi)
teh
Menu Ke-13 : Jelang Akhir Pekan Masak Soto Betawi dan Soto Padang yang Gurih Mantap

Menu Ke-13 : Jelang Akhir Pekan Masak Soto Betawi dan Soto Padang yang Gurih Mantap