Krenyes Renyah Gorengan

Ini Dia 4 Varian Cireng Kekinian yang Kenyal Gurih, Mana Favoritmu?

Devi Setya - detikFood Sabtu, 24 Feb 2018 17:25 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Meski sedikit liat teksturnya cireng punya banyak penggemar. Olahan tepung sagu ini juga bisa tampil jadi makanan kekinian.

Cireng berasal dari bahan dasar pembuatannya yakni aci atau tepung sagu yang kemudian diolah dengan cara digoreng. Dulu cireng hanya dimakan begitu saja, tapi kini cireng mengalami perubahan mengikuti selera anak millennial.

Berikut ini empat varian cireng yang mengikuti tren kuliner kekinian. Mulai dari cireng sambal rujak hingga cireng berlelehan keju mozarella. Yang mana cireng favorit Anda?

1. Cireng sambal rujak
Ini Dia 4 Varian Cireng Kekinian yang Kenyal Gurih, Mana Favoritmu?Foto: Istimewa
Jika biasanya sambal ini dimakan sebagai pelengkap rujak buah, maka kali ini dijadikan cocolan cireng. Rasa cireng yang gurih ternyata cocok dikombinasikan dengan rasa sambal yang manis pedas.

Saking populernya, cireng rujak bahkan banyak dijual sebagai makanan beku. Jika ingin menyantapnya di rumah, tinggal goreng dan sajikan hangat. Yummy!

Baca juga : Kenyal Gurih, Cireng Modern dengan Topping Keju Mozarella

2. Cireng isi
Ini Dia 4 Varian Cireng Kekinian yang Kenyal Gurih, Mana Favoritmu?Foto: Istimewa
Nah kalau yang ini olahan cireng yang bukan hanya enak tapi juga berbentuk menarik. Sesuai dengan namanya, cireng ini dibuat dengan berbagai isian.

Isinya bervariasi mulai ayam cincang, kornet, keju hingga daging sapi. Cireng isi juga dicetak dengan bentuk yang beragam seperti bentuk hati, segitiga, persegi hingga bentuk bintang.

3. Cireng mozarella
Ini Dia 4 Varian Cireng Kekinian yang Kenyal Gurih, Mana Favoritmu?Foto: Istimewa
Bukan hanya pizza saja yang enak diberi keju mozarella, cireng juga lho. Cireng goreng ini ditaburi keju mozarella yang kemudian dipanggang hingga meleleh. Sebagai pelengkap ada saus dan mayones juga.

Baca juga : Cireng Mang Aup: Ngemil Cireng Dicocol Sambal Cengek Pedas Membakar

4. Cireng banyur
Ini Dia 4 Varian Cireng Kekinian yang Kenyal Gurih, Mana Favoritmu?Foto: Istimewa
Cireng ternyata tidak melulu disajikan dalam keadaan kering. Varian cireng banyur misalnya tersaji dengan kuah gurih yang biasa dibuat pedas nendang.

Cireng banyur ini sekilas mirip seblak, cireng yang sudah digoreng kering ini diguyur atau dibanyur dengan kuah pedas. Beberapa orang juga menyebutnya cireng ngambang karena potongan cireng mengambang dalam kuah yang cukup banyak. (dvs/odi)