Krenyes Renyah Gorengan

Belanja ke Pasar Modern BSD, Enaknya Sambil Jajan Combro hingga Bagoja

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 23 Feb 2018 18:30 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Gorengan selalu jadi camilan yang menjadi favorit banyak orang. Ada combro, pisang goreng Pontianak, bakwan, bakso goreng hingga singkong goreng. Semuanya enak!

Setiap hari Pasar Modern BSD selalu ramai dikunjungi para pembeli. Tak hanya menyediakan aneka sayuran segar, tempe, ikan hingga daging sapi. Beragam aneka makanan dan jajanan berkumpul menjadi satu di sini. Salah satunya gorengan yang sudah ada tahunan.
Belanja ke Pasar Modern BSD, Enaknya Sambil Jajan Combro hingga BagojaFoto: detikFood
Baca juga: Gurih Manis Pedas, Si Cakwe Jumbo Khas Medan

Salah satu yang menarik perhatian adalah penjual gorengan yang berada di dekat deretan pedagang tempe. Sejak pagi, pedagang gorengan ini sudah membuka lapaknya sejak pukul 7 pagi. Aneka gorengan yang ia jual adalah singkong, pisang goreng Pontianak, bakso goreng hingga bakwan udang.

Pisang Pontianaknya dibuat dari pisang kepok yang dipotong menyerupai kipas. Kemudian pisang ini dimasukkan ke dalam adonan tepung terigu dan tepung beras. Sehingga teksturnya renyah! Menurut sang penjual, adonannya tak dicampurkan gula, rasa manisnya hanya berasal dari pisang yang sudah matang. Sepotong pisang goreng dibandrol dengan harga Rp 3.500.
Belanja ke Pasar Modern BSD, Enaknya Sambil Jajan Combro hingga BagojaFoto: detikFood
"Karena kita buka hanya sampai jam 11 pisang yang digoreng hanya 1 tandan. Kalau weekend biisa sampai 2-3 tandan," ujar salah satu karyawan.

Di bagian agak depan, terlihat juga penjual misro dan combro. Jajanan khas Jawa Barat ini ternyata ramai pembeli, meskipun harganya dibandrol Rp 3.500 per buahnya. Evan, penjual combro mengaku sudah berjualan sekitar 7 tahun di Pasar Modern. Setiap harinya, Evan bisa menjual sekitar 4-5 Kg singkong. "Tapi kalau weekend buatnya lebih banyak, bisa sampai 10 Kg," ujarnya.

Combronya memiliki rasa yang gurih dengan isian oncom yang sudah dibumbui dengan bawang putih hingga cabai. Sedangkan misro diisi dengan gula merah. Nyam!
Belanja ke Pasar Modern BSD, Enaknya Sambil Jajan Combro hingga BagojaFoto: detikFood
Agak berbeda, gorengan yang satu ini jadi salah satu jajanan hits dan banyak cabangnya. Bagoja alias Bakso Goreng Gajah ini memiliki ukuran yang cukup besar. Akan tetapi tidak semuanya berukuran besar seperti bakso goreng olahan daging ayam dan udang , untuk bakso daging ayam ukurannya agak kecil.

Teksturnya mirip seperti tahu bulat namun rasanya gurih. "Adonan sudah jadi, di gerai tinggal di bulat-bulatkan dan digoreng. Proses menggorengnya juga cukup lama, setengah jam," jelas sang karyawan.

Untuk 2 Kg adonan bisa dibuat hingga 50 buah bakso ukuran kecil dan yang ukuran besar bisa jadi 26 buah. Uniknya, bakso goreng gajah ini disajikan dengan sambal. Sambalnya dipadu dengan sedikit cuka sehingga ada rasa yang tak terlalu pedas plus sedikit asam, mirip kuah cakwe.

Bakso Goreng Gajah dengan isian ayam dan udang ini dibandrol dengan harga Rp 12.000 untuk bakso ayam udang dan bakso ayam dibandrol dengan harga Rp 5.000.

Semua penjual gorengan enak ini ada di lantai dasar Pasar Modern BSD dekat dengan penjual sayur dan tempe. Bukanya juga sejak jam 7 pagi dan tutup di siang hari. Nah, kalau besok berbelanja ke pasar ini, jangan lupa untuk cicip aneka gorengannya ya!

(dvs/odi)