Ternyata Ini Penyebab Ratusan Gerai KFC Inggris Tutup Sementara

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 21 Feb 2018 18:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta -

Sejak minggu lalu beberapa gerai KFC di Inggris tidak beroprasi. Hal ini terjadi karena pasokan ayam yang menipis.

Saat ini, sebanyak 450 gerai KFC di Inggris tidak beroprasi lapor metro.co.uk (20/2). Jumlah ini sekitar setengah dari jumlah gerai KFC di sana. Hal ini kemudian membuat kepala KFC Amerika datang langsung ke Inggris.

Ternyata Ini Penyebab Ratusan Gerai KFC Inggris Tutup SementaraFoto: Istimewa

Kejadian ini berawal saat KFC Inggris mulai menjalin kerjasama dengan layanan antar DHL. DHL kemudian bertugas mengirim pasokan ayam ke seluruh gerai KFC di Inggris. Namun DHL sepertinya kewalahan mengirim pasokan ayam yang dibutuhkan. Inilah yang menyebabkan pasokan ayam di gerai KFC Inggris menipis.

Baca Juga: Beberapa Gerai KFC di Inggris Mendadak Tutup Hari Ini, Kenapa ya?

"Kami akan mengantisipasi hal ini agar tidak banyak gerai yang tutup hari ini dan beberapa hari kedepan. Karena tim kami sudah bekerja keras untuk mengeluarkan semua simpanan (bahan)," ujar juru bicara KFC Inggris.

Juru bicara KFC juga menambahkan kalau jumlah ayam yang dikirimkan juga mulai ditingkatkan.

Ternyata Ini Penyebab Ratusan Gerai KFC Inggris Tutup SementaraFoto: Istimewa

Pelanggan gerai fast food ini menyayangkan kejadian tersebut. Pasalnya, pekan lalu tidak hanya ayam yang habis, tapi juga kentang goreng. Apalagi saat mereka tahu kalau hal ini disebabkan karena perpindahan jasa pengiriman bahan makanan.

Sebenarnya KFC Inggirs sudah diperingatkan oleh GMB (Serikat Pekerja Umum Inggris) pada Oktober lalu. Jika mengubah layanan antar dari Bidvest Logistics ke DHL bisa menyebabkan masalah.

Bidvest memasok makanan dari enam gudang yang tersebar di seluruh wilayah Inggris. Sedangkan DHL hanya punya satu gudang yang menangani pasokan ayam.

Ternyata Ini Penyebab Ratusan Gerai KFC Inggris Tutup SementaraFoto: Istimewa

"Orang dalam (KFC) mengklaim kalau kekacauan ini disebabkan oleh gudang DHL di wiliyah Warwickshire," ujar salah satu staf GMB bernama Mix Rix.

Pihak DHL akhirnya angkat bicara. John Boulter selaku Managing Director DHL Inggris dan Irlandia meminta maaf atas kejadian ini.

"Gangguan dari layanan kompleks ini akan segera berjalan dengan normal.Dengan bantuan dari QSL, kami berkomitmen agar KFC bisa kembali membuka gerainya dalam beberapa hari mendatang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan dan kekecewaan yang menimpa KFC dan pelanggan setianya," ujar John Boulter seperti dilaporkan Daily Star (21/2).

(dwa/odi)