Peneliti Sebut Makanan Olahan Tak Boleh Sering Dikonsumsi, Ini Sebabnya

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 16 Feb 2018 15:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Riset terakhir menyebutkan sosis, permen hingga minuman soda bisa sebabkan kanker. Makanan olahan meski enak tak disarankan sering dikonsumsi.

Banyak hidangan praktis yang bisa Anda santap setiap hari. Seperti sosis dan daging asap. Mudah didapat dan punya rasa yang gurih, membuatnya disukai banyak orang. Namun sebaiknya kurangi konsumsi makanan olahan.

Sebuah penelitian menyebutkan jika konsumsi makanan olahan bisa tingkatkan risiko beberapa jenis kanker dalam tubuh. Penelitian tersebut dimuat dalam The British Medical Journal, Inggris, lapor Delish (15/2).

Makanan olahan olahan antara lain, permen, minuman soda, makanan berbahan dasar tepung, dan sereal sarapan. Beragam daging olahan juga mengandung banyak garam. Seperti sosis, daging asap, dan sup dalam kemasan.

Peneliti Sebut Makanan Olahan Tak Boleh Sering Dikonsumsi, Ini SebabnyaFoto: iStock
Bahan makanan yang mengandung banyak garam bisa sebabkan kanker lambung. Nikotin dan alkohol juga sebaiknya dihindari karena buruk bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: 8 Makanan Olahan Ini Sebaiknya Tak Sering-sering Dimakan, Ini Alasannya (1)

Penelitian tersebut menyimpulkan jika konsumsi makanan olahan meningkat sebesar 10%. Maka peningkatan risiko kanker payudara dan lainnya juga sebesar 10%.

Peneliti juga mengamati pola makan dan minum sebanyak 100 orang dewasa dari tahun 2009 hingga 2017. Hasilnya, mereka menemukan bahwa pola makan yang seimbang dan beragam merupakan pola makan yang paling baik bagi tubuh.

Hasil dari pengamatan asupan makanan dan kesehatan pada 104.980 orang berusia 43 tahun di Prancis juga menunjukkan hasil yang hampir sama.

Setiap 10% makanan olahan yang dikonsumsi seseorang, maka ada peluang sebesar 12% tubuhnya terserang kanker. Dilansir news.sky.com (15/2), penelitian ini dilakukan oleh Surbonne dan University of Sao Paulo, Prancis.

Kesimpulannya, makanan olahan bisa meningkatkan risiko kanker. Tapi bagaimana dengan sayur dan buah kalengan, keju, dan roti?

Hingga kini belum ditemukan penelitian yang menyebutkan bahan tersebut bisa sebabkan kanker.

Baca Juga: Makanan Olahan Ini Sebaiknya Tak Sering Dimakan, Ini Alasannya (1) (dwa/odi)