Istimewa untuk Imlek

Ini 5 Pantangan Makanan Dalam Perayaan Tahun Baru

Devi Setya - detikFood Kamis, 15 Feb 2018 18:40 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
FOKUS BERITA Istimewa untuk Imlek
Jakarta - Ada beberapa makanan yang wajib tersaji saat malam pergantian tahun baru China. Namun ada juga makanan dan tradisi makan yang pantang dilakukan.

Imlek selalu jadi momen spesial tahunan bagi masyarakat keturunan China. Berbagai makanan yang wajib tersaji antara lain olahan ikan, mie goreng, jeruk mandarin, dan kue keranjang.

Semua makanan yang tersaji memiliki makna kemenangan dan kebahagiaan. Namun disamping itu, ada juga makanan dan tradisi makan yang pantang alias tidak boleh dilakukan saat Imlek.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tradisi makan yang tidak boleh disantap saat Imlek.

1. Makan bubur

Ini 5 Pantangan Makanan Dalam Perayaan Tahun BaruFoto: Istimewa
Masyarakat China menganggap bubur sebagai makanan dengan simbol persatuan dan keharmonisan, namun bubur tidak boleh disajikan saat Imlek. Alasannya karena bubur juga diartikan sebagai lambang kemiskinan dan kesusahan.

Masyarakat China tidak akan berani menyajikan bubur saat Imlek karena takut tertimpa sial di sepanjang tahun baru. Namun di hari biasa, bubur tetap boleh disantap kapanpun.

2. Membalik ikan
Ini 5 Pantangan Makanan Dalam Perayaan Tahun BaruFoto: Istock
Ikan pasti dihidangkan saat jamuan makan Imlek, namun ada aturan makan yang mengikat. Hidangan ikan saat Imlek selalu dalam bentuk utuh namun saat menyantapnya tidak boleh dibalik.

Ikan diyakini sebagai lambang kemakmuran dan kebersamaan ketika dibalik maka bisa menyebakan sumber rejeki akan tumpah. Cara mengambil daging dari satu sisinya adalah mengangkat tulang ikan sehingga bisa mengambil daging dari sisi lainnya.

Baca juga : Hidangan Ini Pantang Disajikan Saat Imlek

3. Hati-hati membawa piring dan gelas
Ini 5 Pantangan Makanan Dalam Perayaan Tahun BaruFoto: Istock
Ketika membawa piranti makan seperti piring, mangkuk dan gelas keramik maka harus hati-hati. Jika piranti makan yang dibawa itu pecah artinya akan buruk.

Namun ketika tidak sengaja piranti makan ini pecah, orang-orang di sekitarnya akan segera mengucapkan kalimat keberuntungan untuk menutupinya. Kalimat ini artinya "Keramik membuka mulutnya, kekayaan berlimpah" dan "Jatuh ke lantai menjadi bunga, kekayaan berlimpah."

4. Tempat penyimpanan beras tak boleh kosong
Ini 5 Pantangan Makanan Dalam Perayaan Tahun BaruFoto: Istock
Hari pertama di tahun baru China, semua tong beras atau tempat penyimpanan beras harus diisi. Pantang jika membiarkan wadah beras ini kosong.

Tong beras yang kosong dianggap sebagai satu pertanda buruk. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kelaparan di tahun yang baru. Jadi meskipun sedikit, tong beras harus tetap diisi.

Baca juga : 10 Makanan yang Wajib Dicicipi Saat Perayaan Imlek di China

5. Tidak makan dan menyajikan makanan yang pahit
Ini 5 Pantangan Makanan Dalam Perayaan Tahun BaruFoto: iStock
Sayuran atau makanan yang pahit rasanya pantang dimakan dan disajikan saat imlek. Karena itu sawi pahit dan pare tak akan disajikan.

Rasa pahit identik dengan kesulitan dan kesusahan. Karenanya pantang dinikmati. Makanya banyak makanan manis yang harus dinikmati sebagai harapan datangnya kebahagiaan dan kenikmatan di tahun baru. (dvs/odi)
FOKUS BERITA Istimewa untuk Imlek