Apakah Glitter pada Makanan Aman Dikonsumsi?

Sonia Permata - detikFood Kamis, 15 Feb 2018 15:40 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Kilauan warna-warni dari glitter membuat makanan dan kue tampil lebih cantik. Tetapi apakah glitter aman untuk dikonsumsi?

Tren makanan berglitter nampaknya masih banyak diminati di tahun ini. Tampilannya yang cantik, dan warna warni yang cerah masih menjadi daya pikat di kalangan penggemar makanan.

Mulai dari kopi, donat, hingga burger, glitter masih merajai tren makanan saat ini. Namun baru-baru ini Food and Drug Administration (FDA) mengeluarkan peringatan bahwa glitter sebenarnya tidak dapat dimakan, dan beberapa ilmuwan lingkungan juga menyarankan hal yang sama. Sehingga menimbulkan pertanyaan apakah glitter aman untuk dikonsumsi?

Dilansir dari Eater (14/02), ini hal yang harus Anda ketahui tentang mengkonsumsi makanan berglitter.

1. Mengapa orang mengkonsumsi glitter
Apakah Glitter pada Makanan Aman Dikonsumsi?Foto: Istock
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manusia menyukai benda berkilau. Preferensi ini dimulai pada masa kanak-kanak. Glitter tidak menambah rasa pada makanan, dan hanya berguna untuk mempercantik tampilan makanan saja. Meski begitu, tidak semua orang menyukai tren makanan berglitter ini, beberapa bahkan mengeluh bahwa glitter justru membuat tekstur makanan menjadi tidak menarik.

2. Jenis glitter yang berbeda
Apakah Glitter pada Makanan Aman Dikonsumsi?Foto: Istock
Glitter yang digunakan untuk topping makanan tentu berbeda dengan glitter biasa. Klasifikasi glitter ini bergantung pada FDA, yang mengatur produk makanan yang aman untuk dikonsumsi. Namun FDA tetap menyarankan bahwa konsumen harus berhati-hati memeriksa produk glitter sebelum menggunakannya ke dalam makanan. Karena ada beberapa jenis glitter yang tidak aman untuk dikonsumsi, dan cenderung beracun.

Baca Juga: Glitter Cantik di Atas Kue Belum Tentu Aman Dimakan

3. Komposisi glitter
Apakah Glitter pada Makanan Aman Dikonsumsi?Foto: Istock
Glitter yang dapat dimakan (edible glitter) umumnya terbuat daru gula, akasia (getah arab), maltodekstrin, tepung maizena, dan bahan aditif pewarna makanan. Edible glitter secara teknis memang aman untuk dikonsumsi, tapi bukan berarti Anda dapat mengkonsumsinya setiap saat. Ini dikarenakan beberapa produsen makanan menaruh glitter dekorasi sebagai topping makanan, sehingga Anda harus lebih berhati-hati sebelum mengkonsumsi glitter.

4. Amankah makanan berglitter?
Apakah Glitter pada Makanan Aman Dikonsumsi?Foto: Istock
Menelan sedikit non-edible glitter tidak akan membunuh seseorang. "Glitter tidak beracun dan tidak bisa membunuh Anda, tapi jangan memakannya dalam jumlah besar dan jangka panjang." jelas Dr. Zhaoping Li, selaku kepala Divisi Nutrisi Klinis di UCLA.

"Tubuh kita hanya bisa memproses glitter dalam jumlah yang kecil." tutupnya. (dvs/odi)