Restoran Cepat Saji Terbukti Lima Kali Lebih Bersih dari Restoran Berkelas

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 08 Feb 2018 08:17 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Meski lebih bergengsi dan elegan, restoran bintang lima terbukti lebih jorok dari restoran fast food. Ini dibuktikan melalui penelitian.

Pamor restrain fast food meningkat karena restrain jenis ini menjadi pilihan presiden Donal Trump untuk makan. Bukan sekali saja tetapi nyaris tiap hari. Agaknya bukan saja karena rasanya gurih enak tetapi sang presiden punya alasan keamanan dirinya.

Baca Juga : Donald Trump Pilih Makan di Gerai Fast Food Ternyata Karena Alasan Penting Ini

Restoram Cepat Saji Terbukti Lima Kali Lebih Bersih dari Restoran BerkelasFoto: Istimewa

Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan pemasok layanan makanan, Restaurantware melakukan penelitian pada restoran, dikabarkan the daily meal (7/2). Mereka mengecek kebersihan 3 restoran fast food, 3 restoran berkelas dan 3 dapur rumah.

Tingkat kejorokan masing-masing kemudian diungkap melalui jumlah koloni bakteri. Meskipun diketahui bagian paling jorok di restoran terletak di dapur. Mereka menemukan jumlah bakteri sangat banyak di restoran Italia, restoran steak dan restoran sushi. Restoran Italia punya 62 kali lebih banyak bakteri dibandingkan restoran fast food. Bisa jadi makanannya juga tak terlalu bersih.

Baca Juga : 6 Bagian Restoran Ini Paling Banyak Mengandung Kuman

Sementara yang paling bersih adalah restoran dengan sajian ayam seperti KFC. Meskipun mereka sering menangani ayam segar yang berpotensi besar membawa bakteri salmonella. Rupanya mereka justru menangani hal ini lebih baik.

Banyak yang menduga restoran fast food akan buruk tingkat higienisnya. Padahal mereka punya jadwal harian untuk kebersihan, standar korporasi, inspeksi rutin untuk memastikan peralatan bersih dan restoran bebas kuman. Mereka melakukan dalam jadwal ketat setiap hari.

Restoram Cepat Saji Terbukti Lima Kali Lebih Bersih dari Restoran BerkelasFoto: iStock/Rocketnews

Sedangkan restoran sushi tidak begitu cermat dengan pisau dan peralatan makan mereka. Banyak restoran mahal melakukan aturan yang sama, tetapi juga harus bersiasat dengan proses pencucian piring dan membersihkan kuman. Restoran fast food menghindari hal ini dengan memakai peralatan makan sekali pakai.

Jika ada bakteri ditemukan di restoran fast food, umumnya ada di toilet. Karenanya sebaiknya hindari makan di dekat area toilet. Sedangkan bakteri dan kuman di restoran berkelas ada di dekat dapur juga di meja santap mereka.

Baca Juga : Ini 4 Fakta di Restoran yang Jarang Diketahui Orang (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com