Jajan Sate Ayam dan Ikan Pari Bakar yang Sedap di Lau Pa Sat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 31 Jan 2018 18:58 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Singapura - Jalan-jalan ke Singapura, mampirlah ke hawker centre Lau Pa Sat. Para foodies bisa jajan sate ayam dan sapi enak yang hanya buka malam hari. Seru!

Dari sekian banyak pusat makanan atau hawker centre di Singapura, Lau Pa Sat jadi salah satu yang patut disambangi. Lokasinya ada di 18 Raffle Quay dan mudah dijangkau dari stasiun MRT Raffles Place.

Bersama rombongan tur Singapore After Dark, kami diajak ke hawker centre bernama lain Telok Ayer Market ini. Sekitar pukul 7 malam nampak salah satu sisian jalan Lao Pa Sat ditutup.

Jajan Sate Ayam dan Ikan Pari Bakar yang Sedap di Lau Pa SatFoto: dok. detikFood

Area jalan yang kosong ini segera diisi penjual sate gerobak. Sementara bagian tengahnya 'disulap' jadi tempat makan dengan bangku dan meja plastik.

Tapi tak perlu khawatir kalau mau menyantap makanan lain, Lau Pa Sat juga dipenuhi penjaja makanan khas negeri Singa lain di bagian dalam. Mulai dari nasi ayam Hainan, roti prata hingga carrot cake.

Bersantap di hawker centre ini istimewa karena Lau Pa Sat merupakan salah satu bangunan bersejarah. Bangunannya sudah ada sejak abad 19, dirancang arsitek Inggris bernama George Coleman. Nuansanya kolonial dengan langit-langit tinggi yang membuat sirkulasi udara sangat bagus meski Lau Pa Sat dipenuhi penjaja makanan.

Jajan Sate Ayam dan Ikan Pari Bakar yang Sedap di Lau Pa SatFoto: dok. detikFood

Selanjutnya pada 1894, Lau Pa Sat sempat direlokasi namun bentuk bangunan aslinya masih dipertahankan. Pemerintah Singapura juga menambahkan menara jam yang kini jadi ikon Lau Pa Sat.

Kami sempat mencicip Fried Carrot Cake di sini. Meski namanya carrot cake, sajian ini bukanlah cake dan tidak mengandung carrot atau wortel sama sekali.

Fried Carrot Cake atau chai tow kway adalah sajian gurih mirip kwetiau. Bahan utamanya tepung beras dan lobak putih yang dibuat jadi kotak-kotak kecil lalu dikukus. Selanjutnya kotak-kotak ini ditumis bersama bahan lain seperti bawang putih dan telur.

Jajan Sate Ayam dan Ikan Pari Bakar yang Sedap di Lau Pa SatFoto: dok. detikFood

Ada Fried Carrot Cake yang dibuat memakai telur dan ditumis biasa dengan kecap manis. Tekstur kenyal dengan rasa gurih jadi ciri khas rasa jajanan populer Singapura ini.

Petualangan kuliner masih berlanjut dengan sate ayam dan sapi di sini. Potongan dagingnya lebih besar dari sate kebanyakan di Indonesia. Balutan bumbunya gurih manis dengan cocolan sambal kacang yang lebih encer.

Kalau mau seafood, bisa cicip ikan pari bakar. Ikan pipih lebar ini punya daging tipis yang amat lembut dengan jejak manis alami. Makin enak diolesi sambal pedas.

Jajan Sate Ayam dan Ikan Pari Bakar yang Sedap di Lau Pa SatFoto: dok. detikFood

Yang juga bisa dicicip di Lau Pa Sat adalah ayam goreng tepung dengan cocolan sambal belacan atau terasi. Kriuk renyahnya ayam goreng gurih memang paling enak dicocol sambal!

Bijan, salah seorang turis Kanada yang mengikuti tur Singapore After Dark, mengaku senang bisa mencicip menu-menu khas negeri Singa. Terlebih ia baru saja datang liburan dan belum tahu referensi makanan apa yang harus dicoba.

Tur seru ini masih berlanjut hingga tengah malam. Agendanya termasuk melihat kerlap-kerlip Marina Bay Sands dari ketinggian lantai 45 hingga menghabiskan malam di sebuah bar di Clarke Quay.

"Singapura adalah destinasi di mana kamu dapat mewujudkan impian. Kini saatnya untuk tak sekadar bersantap, dan jadilah Pecinta Makanan."

(adr/odi)