Selain Bikin Kue Renyah, Soda Kue Juga Bisa Dipakai Memasak Udang dan Pasta

Devi Setya - detikFood Selasa, 23 Jan 2018 17:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Soda kue selama ini dikenal untuk merenyahkan kue dan membersihkan peralatan dapur. Ternyata juga bermanfaat saat memasak udang dan bawang bombay.

Banyak orang hanya tahu soda kue sebagai campuran adonan kue, membersihkan alat dapur hingga meneyerap bau. Padahal soda kue juga bisa bikin makanan lebih enadk, seperti dilansir oleh Seriouseats ini.

1. Membuat tekstur udang lebih kenyal
Selain Bikin Kue Renyah, Soda Kue Juga Bisa Dipakai Memasak Udang dan PastaFoto: iStock

Soda kue bisa digunakan untuk olahan berbahan udang seperti koktail udang, sate udang, scampi hingga wonton udang. Campuran garam dan soda kue membuat tekstur udang tetap terjaga selama proses memasak.

Garam membantu menjaga kelembapan udang sementara soda kue membantu membuat tekstur udang tetap kenyal dan gurih. Selain itu soda kue juga bersifat basa sehingga bisa membuat olahan udang semakin cepat matang dan menghasilkan warna cokelat yang bagus.

Cara menggunakannya campur garam dan sedikit soda kue, lumuri pada udang dan diamkan selama 15 menit sampai 1 jam tergantung banyaknya udang.

2. Membuat bawang bombay cepat matang
Selain Bikin Kue Renyah, Soda Kue Juga Bisa Dipakai Memasak Udang dan PastaFoto: Rocketnews24/House Foods Group

Selain udang, soda kue juga mampu membuat bawang bombai lebih cepat kecokelatan. Cukup tambahkan seperempat sendok teh soda kue pada irisan bawang. Masak bawang dan bawang akan lebih cepat terkaramelisasi dibandingkan jika tidak memakai soda kue.

Baca juga : Selain Bikin Kue Jadi Renyah, Soda Kue Ampuh Bersihkan 10 Peralatan Ini (2)

3. Menyeimbangkan rasa asam tomat kalengan
Selain Bikin Kue Renyah, Soda Kue Juga Bisa Dipakai Memasak Udang dan PastaFoto: Istimewa

Tomat kalengan bisa dijadikan olahan makanan apapun, tapi orang banyak mengeluhkan rasanya yang terlalu asam. Anda bisa mengurangi rasa asam dari tomat kalengan dengan menambaahkaan sedikit soda kue.

Tambahkan sedikit soda kue pada masakan yang menggunakan tomat kalengan baik itu sup tomat, pure maupun tomat pasta.

4. Buat spaghetti seperti mie ramen
Selain Bikin Kue Renyah, Soda Kue Juga Bisa Dipakai Memasak Udang dan PastaFoto: Istimewa

Jika kesulitan menemukan mie ramen di pasaran maka manfaatkan saja pasta. Beli pasta angle hair lalu masak pasta dengan tambahan sedikit soda kue. Kandungan mineral alami dalam soda kue bisa mengubah tekstur pasta menjadi lebih lembut dan warnanya lebih menguning.

Jadi pasta bisa saja menggantikan mie ramen. Saat merebus pasta dengan teknik ini, akan ada gelembung kecil di atas air mendidih, jangan khawatir karena ini reaksi alami. Namun jangan menambahkan soda kue terlalu banyak karena akan membuatnya menjadi pahit.

5. Membuat hummus lebih lembut

Selain Bikin Kue Renyah, Soda Kue Juga Bisa Dipakai Memasak Udang dan PastaFoto: Istimewa

Untuk membuat hummus, diperlukan kacang yang halus agar teksturnya enak. Nah, tekstur kacang yang lembut ini bisa didapatkan dengan menambahkan sedikit soda kue. Untuk memasak satu cangkir kacang, Anda membutuhkan 1 sendok teh soda kue dan1.5 liter air dingin. Rendam kacang selama semalaman sebelum kacang diolah menjadi hummus.

Baca juga : Baking Powder, Baking Soda dan Cream of Tartar (dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com