Belanja di Tukang Sayur Bisa Bikin Sayur Bobor dan Sayur Lodeh yang Sedap Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 20 Jan 2018 09:16 WIB
Foto: Odilia WS
Jakarta - Uang belanja mulai menipis? Belanja saja di tukang sayur dan bikin sayur yang sedap dan enak. Ditemani tempe goreng dan sambal terasi. Sedap banget!

Makanan rumahan dan sederhana selalu bikin kangen dan ketagihan. Kalau malas ke pasar, belanja saja ke tukang sayur. Karena sayur sederhana ini tak perlu bahan banyak dan bikinnya juga gampang.

Sebaiknya bikin sayur ini untuk sekali santap saja. Agar terasa segar dan jika dipanaskan kembali atai diinapkan rasanya mungkin jadi kurang enak. Selain itu nilai nutrisinya juga berkurang.

Ini 4 resep sayuran sederhana dan praktis yang bisa Anda buat untuk makan siang nanti.

Belanja di Tukang Sayur Bisa Bikin Sayur Bobor dan Sayur Lodeh yang Sedap IniFoto: detikfood

1. Sayur Bobor
Bahan utamanya bayam dan labu siam. Tetapi jika tak suka bayam bisa saja diganti daun kangkung atau daun ubi jalar. Pastikan santannya tak terlalu kental agar rasanya gurih ringan. Bisa ditambah tempe agar rasanya makin gurih.

Untuk makan siang, sajikan sayur bobor ini dengan tempe goreng, ikan goreng, plus sambal terasi dengan kucuran air jeruk nipis. Untuk langkah pembuatannya Anda bisa melihat resepnya di sini!

Belanja di Tukang Sayur Bisa Bikin Sayur Bobor dan Sayur Lodeh yang Sedap IniFoto: detikfood

2. Sayur Bening
Ini sayur yang paling praktis dan gampang dibuat juga murah harganya. Jika meracik sayur bening jangan lupakan bumbu pentingnya, temu kunci. Rempah yang bentuknya seperti jari ini aromanya harum dan bisa hangatkan tubuh.

Selain bayam dan jagung manis, bisa dipakai labu kuning, oyong atau ubi jalar. Sajikan dengan ikan asin goreng tepung atau ikan pindang goreng, tempe bacem dan sambal rawit yang pedas. Ini langkah pembuatan sayur bening yang sedap!

Belanja di Tukang Sayur Bisa Bikin Sayur Bobor dan Sayur Lodeh yang Sedap IniFoto: detikfood

3. Sayur Lodeh
Sayur khas Jawa ini bisa memakai beberapa jenis sayuran. nangka muda, tewel, labu siam, kacang panjang, terong dan daun melinjo. Pilih saja yang Anda sukai. Jika punya tempe yang sudah diinapkan bisa ditambahkan untuk memberi aroma sangit yang sedap.

Ikan selar goreng kering, ikan asin bulu ayam yang digoreng kering, tahu dan tempe goreng serta sambal jeruk limau bisa jadi jodoh yang pas buat menikmati sayur yang gurih enak ini. Ikuti langkah-langkah pembuatan sayur lodeh di sini!

Belanja di Tukang Sayur Bisa Bikin Sayur Bobor dan Sayur Lodeh yang Sedap IniFoto: detikfood

4. Sayur Asam Betawi
Sayur asam gaya Betawi ini tidak memakai banyak bumbu dan bening kuahnya. Isiannya nangka muda, labu siam, kacang panjang dan yang tak boleh dilupakan daun dan buah melinjo. Yang unik, sayur asam ini memakai potongan oncom merah yang dimasukkan terakhir.

Lauk yang pas mendampingi sayur sederhana ini ikan mas atau mujair goreng, sambal bawang dan lalapan pete serta sayuran segar. Tak sulit meraciknya, ikuti saja langkah pembuatannya di sini!


(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com