5 Paket Ikan Fugu Beracun Terlanjur Terjual, Pemerintah Jepang Beri Peringatan Darurat

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 17 Jan 2018 15:01 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Racun ikan fugu disebut lebih berbahaya dari racun sianida. Pemerintah kota Jepang imbau warganya untuk tidak konsumsi ikan tersebut.

Kota Gamagori di Jepang telah mendapat peringatan setelah sebuah supermarket kedapatan menjual 5 paket ikan fugu lengkap dengan jeroannya. Tiga paket telah ditemukan tetapi 2 paket masih belum terlacak. Dikutip dalam BBC (16/01), pejabat di Gamagori, Jepang tengah mengeluarkan peringatan darurat untuk mencegah orang konsumsi ikan fugu.

Baca juga: Pria di Nagoya Ini Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Makan Ikan Fugu

5 Paket Ikan Fugu Beracun Terlanjur Terjual, Pemerintah Jepang Beri Peringatan DaruratFoto: iStock

Hati, indung telur dan kulit ikan fugu mengandung racun tetrodotoxin yang mematikan, hingga saat ini belum ditemukan penangkalnya. Karenanya tak sembarang bisa dijual atau ditangkap.

"Kami menggunakan sistem peringatan darurat nirkabel untuk menyerukan warga agar tidak makan ikan fugu," tutur Koji Takayanagi kepada AFP.

Dilansir dalam Independent, Ikan fugu merupakan ikan musim dingin yang mahal dan bisa dinikmati mentah sebagai sashimi ataupun menjadi sup hangat.

Koki yang menyiapkan ikan fugu ini juga harus melakukan pelatihan tiga tahun dan lulus tes sebelum mendapat lisensi khusus oleh pemerintah. Sayangnya, hanya ada sekitar 30 persen koki yang lulus dan berlisensi.

5 Paket Ikan Fugu Beracun Terlanjur Terjual, Pemerintah Jepang Beri Peringatan DaruratFoto: iStock

Bagian ikan yang mengandung racun itu bisa berbeda dari satu fugu dengan yang lain. Racun ini juga dapat menyebar cepat dan ganas' bahkan disebut 1.200 kali lebih mematikan daripada sianida.

Potensi kematian lebih besar jika dinikmati menjadi sup. "Mengonsumsi hati ikan fugu dapat melumpuhkan saraf motorik dan dalam kasus serius dapat menyebabkan sulit bernafas hingga kematian," tulis pejabat daerah dalam sebuah penyataan.

Antara tahun 2005 hingga 2015, di Jepang ada 11 kasus kematian akibat konsumsi ikan. Sementara 359 orang dirawat karena keracunan ikan fugu.

Baca juga: Usai Menyantap Ikan Fugu, 5 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com