Usai Menyantap Ikan Fugu, 5 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

- detikFood Selasa, 03 Mar 2015 06:20 WIB
Foto: The Guardian
Jakarta - Ikan fugu atau ikan buntal wajah dan bentuknya memang tak menarik. Namun, ikan ini memiliki daging yang enak. Karena beracun tak semua koki boleh mengolah ikan ini. Lima orang nyaris tewas karena menyantap ikan ini.

Ikan fugu kembali nyaris menelan korban jiwa. Seperti dilansir The Guardian (1/03). Para pria korban berusia 50 – 60 tahun menyantap ikan fugu di sebuah restoran di barat Wakayama.

Pada Jum’at malam (27/02) saat makan di restoran mereka memesan hati ikan fugu dan menyantap berama-ramai. Hari berikutnya mereka mengalami sesak nafas sehingga dilarikan ke rumah sakit.

Restoranpun ditutup dan tak ada yang bisa dikonfirmasi mengenai persoalan ini. Restoran ini telah menyajikan bagian ikan fugu yang dilarang yaitu hati ikan atas permintaan para korban.

Untuk mengolah ikan fugu seorang koki harus memiliki sertifikat. Karena ikan ini mengandung racun dalam organ tubuhnya. Seperti hati, jantung, usus dan saluran telur. Racun pada ikan ini mampu membuat orang sesak nafas, lumpuh hingga tewas.

Orang Jepang tahu bahwa hanya daging ikan fugu saja yang bisa dimakan. Itupun harus diolah olah mereka yang sudah memiliki sertifikat. Sedangkan bagian lain dari ikan ini harus dibuang karena sangat beracun.

Meskipun orang Jepang tahu akan hal ini namun masih saja jatuh korban karena konsumsi yang salah dari ikan ini. Umumnya ikan disajikan sebagai sashimi, teriyaki dan shabu-shabu.









(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com