15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa (2)

Devi Setya - detikFood Selasa, 16 Jan 2018 17:30 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Rasa masakan nenek memang tak bisa terkalahkan dan selalu bikin kangen. Mau masakan seenak racikan nenek? Intip tipsnya.

Jika melihat nenek memasak di dapur, gerakannya sangat trampil dalam mencampurkan bahan. Meskipun kebanyakan masakan nenek terbilang sederhana, tapi rasanya tidak akan ada yang menyaingi.

Catat dan terapkan beberapa tips simpel ala nenek agar kegiatan masak berjalan lancar.

8. Simpan sayuran hijau dengan tisu

15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa (2)Foto: Istimewa
Untuk menjaga kesegaran sayuran hijau, ada tips dari nenek yang bisa diterapkan. Cuci sayuran hingga bersih kemudian bungkus dengan tisu dapur sebelum memasukkannya dalam lemari es.

Cara ini membantu menyerap kelembaban ekstra agar tetap segar lebih lama. Jadi Anda tidak perlu membuang sekantung bayam yang layu atau busuk lagi.

9. Jangan banyak membuang bahan makanan

Jangan sia-siakan makanan apapun, meskipun kadang tidak terpakai dalam masakan Anda saat itu. JIka Anda sedang memasak sayuran, simpan bagian tangkai atau daunnya.

Suatu hari jika Anda sedang memasak sup atau tumisan sayuran, bahan ini bisa dipakai dan akan menghasilkan rasa yang lezat.

10. Olesi roti dengan mentega tipis-tipis

15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa (2)Foto: Getty Images/Pinterest
Nenek juga termasuk orang yang kritis soal pemborosan. Termasuk saat menggunakan mentega. Saat akan mengoles mentega pada roti, olesi dengan tipis dan merata. Karena jika terlalu tebal hanya akan membuatnya menempel pada piring dan terbuang sia-sia.

11. Potong sayuran dengan ukuran sama

Memotong sayuran dengan ukuran yang sama akan membuatnya matang secara bersamaan. Sayuran atau bumbu yang ukurannya tak sama akan matang tak bersamaan. Yang kecil akan matang lebih dulu sementara yang besar belum matang.

12. Giling lemon sebelum diperas

15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa (2)Foto: Thinkstock
Jika membutuhkan air perasan jeruk lemon, sebelum memerasnya, pastikan Anda sudah menggiling lemon di atas meja. Lakukan gerakan menggiling lemon pada seluruh bagiannya.

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan air jeruk lemon yang jauh lebih banyak saat diperas.

Baca juga : Agar Masak Bersama Anak Makin Menyenangkan, Ini Tips Ahli Nutrisi

13. Ganti gula dengan madu

Saat membuat kue, cobalah ganti gula dengan madu. Bahan pemanis alami ini cocok ditambahkan dalam kue cokelat atau kue kacang. Gula maupun madu sama-sama memberi rasa manis namun khasiat dan manfaatnya berbeda.

14. Tambahkan minyak dan garam pada kentang panggang

15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa (2)Foto: iStock
Setiap orang sepakat kentang panggang yang enak adalah yang memiliki permukaan renyah. Untuk mendapatkan bagian renyah ini, Anda bisa menambahkan sedikit minyak dan garam.

Kentang panggang akan terasa renyah di luar dan lembut pada bagian dalamnya. Anda juga bisa menambahkan merica sebagai perasa.

15. Pastikan wajan panas sebelum menggoreng telur

Telur yang menempel lengket pada wajan pasti membuat kesal. Penyebabnya adalah wajan yang kurang panas. Tuangkan minyak pada wajan dan pastikan itu sudah panas sebelum memasukkan telur. Dengan cara ini, telur lebih mudah dimasak.

Baca juga : Dapat Resep dan Tips Masak Praktis dari Chef Steby Para Bunda Jadi Happy (dwa/odi)