Agar Masak Bersama Anak Makin Menyenangkan, Ini Tips Ahli Nutrisi

Devi Setya - detikFood Sabtu, 23 Des 2017 18:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mengajak si kecil memasak bisa jadi acara liburan menarik. Masak bersama anak selalu menyenangkan, asal perhatikan beberapa hal ini.

Selain liburan keluar kota atau ke tempat rekreasi, Anda juga bisa mengajak buah hati menghabiskan liburan dengan kegiatan di rumah. Memasak bersama bisa jadi hal yang seru dan menyenangkan.

Banyak hal positif yang bisa didapatkan dari kegiatan masak bersama. Selain mengasah kemampuan kognitif anak, orang tua juga mengajarkan nulai kesehatan, keamanan hingga cara menghargai makanan.

Frances Largeman-Roth, seorang ahli nutrisi di Brooklyn memberikan beberapa tips yang bisa diterapkan agar kegiatan bersama anak di dapur jadi hal menyenangkan. Simak tipsnya dan selamat memasak bersama si kecil!

1. Ajak anak-anak ke dapur

Largeman-Roth mengatakan banyak orang tua cenderung mengusir anaknya saat mereka menuju dapur. Alasannya karena anak-anak dianggap mengganggu dan banyak benda berbahaya di dapur.

Padahal mengajak anak ke dapur akan membuat imajinasinya berkembang. Biarkan anak menghirup aroma masakan Anda dan melihat apa yang sedang dimasak, mereka akan takjub.

Agar Masak Bersama Anak Makin Menyenangkan, Ini Tips Ahli NutrisiFoto: iStock

2. Jadwalkan waktu masak bersama

Tetapkan satu hari sebagai waktu memasak bersama anak. "Orang tua bisa memilih akhir pekan atau waktu liburan sekolah. Jika sudah menjadwalkan hari maka harus komitmen untuk tidak menonton televisi atau melakukan hal lain kecuali memasak bersama," kata Largeman-Roth.

3. Pilih resep yang mudah

Largeman-Roth menyarankan untuk memilih resep masakan yang mudah dibuat dan simpel. Pastikan bahan yang digunakan tidak terlalu banyak serta masakan cepat proses mengolahnya.

"Cobalah membuat sup sehat, puding roti atau lainnya yang mungkin hanya menghabiskan waktu memasak 25 menit saja. Buat hidangan yang juga bisa dibuat anak, misalnya mereka bisa menaburkan jeruk, cokelat atau pistachio pada makanannya," saran Largeman-Roth. Anak-anak juga bisa memilih resepnya sendiri yang mungkin mereka dapatkan dari buku resep.

Agar Masak Bersama Anak Makin Menyenangkan, Ini Tips Ahli NutrisiFoto: iStock

4. Sabar

Orang tua harus banyak bersabar karena memasak bersama anak biasanya akan memakan waktu lebih lama. Jika biasanya bisa matang dalam 30 menit maka saat memasak bersama anak pasti menghabiskan waktu 40-45 menit.

Sebagai orang tua, Anda harus sabar karena ini adalah cara mengajar anak. Biarkan anak berkreasi namun tetap di bawah pengawasan Anda.

5. Mencicip masakan

Poin penting setelah kegiatan ini berakhir adalah mencicip masakan. Menurut Largeman-Roth setiap orang setidaknya harus mencicip masakannya. Anak-anak cenderung lebih semangat makan makanan yang mereka masak. Saat masakannya terasa enak, mereka pasti akan senang melakukan kegiatan masak bersama di lain waktu.

Agar Masak Bersama Anak Makin Menyenangkan, Ini Tips Ahli NutrisiFoto: iStock

6. Ajak anak untuk membersihkan dapur

Setelah proses memasak usai, pasti ada piring, mangkuk, sendok, panci yang kotor. Belum lagi tepung dan air yang tumpah. Ajak anak turut membersihkannya sebelum meninggalkan dapur.

(lus/odi)