Ini Tampilan Kotak Pengiriman Susu di Jepang, Ada Sejak Tahun 80-an

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 12 Jan 2018 10:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Susu yang tinggi protein jadi salah satu minuman untuk mengawali hari. Di Jepang, masih ada kotak pengiriman susu yang unik dan sudah ada sejak tahun 80-an.

Di negara Barat, pengiriman susu segar langsung ke rumah-rumah ini memang jadi sesuatu yang ketinggalan zaman. Namun, di Jepang jutaan orang masih mengandalkan susu segar setiap harinya. Dikutip dalam Amusing Planet, banyak rumah tradisional di Jepang yang masih memiliki kotak pengiriman susu yang sudah ada sejak tahun 1980-an.

Baca juga: Di Stasiun Ini Ada 'Surga' Bagi Penggemar Susu Jepang!

Ini Tampilan Kotak Pengiriman Susu di Jepang yang Ada Sejak Tahun 80-anFoto: Istimewa

Kotak ini bentuknya beragam dan ditaruh di dinding depan rumah. Di kotak ini, Milkman bisa menaruh susu botol atau karton di dalamnya, mirip seperti menaruh di kotak surat. Beberapa juga sudah memiliki jenis kotak yang lebih modern yaitu terbuat dari plastik dan dilengkapi dengan insulasi styrofoam di bagian dalamnya. Beberapa toko susu bahkan menyertakan ice cooller pack untuk menjaga paket susu yang dikirim tetap dingin.

Ini Tampilan Kotak Pengiriman Susu di Jepang yang Ada Sejak Tahun 80-anFoto: Istimewa

Namun sangat disayangkan, dengan semakin langkanya para penjual susu yang mengirim dengan cara ini. Seiring dengan berkembangnya zaman, kini susu diantar dengan menggunakan mobil box. Bahkan jenis susu juga beragam, mulai dari susu aneka rasa hingga yogurt.

Ini Tampilan Kotak Pengiriman Susu di Jepang yang Ada Sejak Tahun 80-anFoto: Istimewa

Menurut sebuah laporan dari Japan Times yang diterbitkan pada tahun 2003, salah satu perusahaan susu terbesar saat itu, Meiji Dairies telah berhasil membalikkan tren dan sistem pengiriman yang jadi kebiasaan masyarakat Jepang di sepuluh tahun sebelumnya.

Baca juga: Tak Bisa Membaca Huruf Kanji? Ini Cara Mudah Memilih Susu di Supermarket Jepang! (lus/lus)