Tak Bisa Membaca Huruf Kanji? Ini Cara Mudah Memilih Susu di Supermarket Jepang!

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 01 Nov 2017 15:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Saat pergi ke Jepang beberapa orang bingung untuk memilih rasa susu. Tak bisa membaca huruf kanji, Anda bisa memilih produk susu dengan cara mudah ini.

Membeli susu di supermarket atau toko Jepang memang sedikit menyulitkan orang asing. Semua karton dengan isian cairan putih bisa saja terlihat seperti jus atau minuman susu dengan perasa lainnya. Umumnya, rak susu di toko Jepang atau toko serba ada juga menaruh minuman berbasis susu lainnya di dekat situ.

Baca juga: Di Stasiun Ini Ada 'Surga' Bagi Penggemar Susu Jepang!

Tak Bisa Membaca Huruf Kanji? Ini Cara Mudah Memilih Susu di Supermarket Jepang!Foto: Istimewa

Ini bisa jadi bukan susu sapi murni, bisa saja susu dicampur dengan perasa lain seperti susu dengan mentega, susu bubuk, air, kopi atau perasa buah yang berpotensi memberikan Anda sesuatu yang lebih memiliki rasa berbeda ketimbang susu dengan rasa gurih atau tawar yang sebenarnya ingin Anda beli.

Jika bisa membaca kanji, sistem penulisan non-fenotik Jepang, Anda dapat dengan mudah membedakan antara susu gyuunyu dan nyuuseihin. Karena produk susu tidak hanya bisa diidentifikasi dengan membaca teks yang tercetak di karton, tetapi juga dengan cara dari @inodogs Anda bisa dengan mudah membedakan produk susu plain dengan tambahan rasa.

Tak Bisa Membaca Huruf Kanji? Ini Cara Mudah Memilih Susu di Supermarket Jepang!Foto: Istimewa

Dikutip dalam Sora News 24 (01/11) terkadang pembeli asli Jepang masih salah ketika mengambil karton susu ini dan @inods memberi tahu adiknya yang merupakan seorang chef profesional saat dia salah mengambil nyuuseihin padahal ia menginginkan gyuunyuu. Adiknya pun memberikan tips untuknya!

Rahasianya adalah jika karton tersebut memiliki potongan kecil yang dipotong pada bagian punggungnya atau bagian atas seperti ini. Itu berarti susu biasa atau gyuunyuu.

Tanda ini bukan dibuat tanpa sebab. Ini dimulai pada awal tahun 2000-an dimana tanda ini diperuntukan untuk mereka yang tuna netra agar bisa dengan mudah menemukan susu ini. Akan tetapi perlu dicatat, tidak semua produsen susu di Jepang sesuai dengan standar ini. Tapi jika Anda melihat tanda ini pada kotak susu bisa dipastikan ini adalah susu yang Anda cari.

Baca juga: Tampilannya Seperti Air Putih, Minuman Ini Ternyata Punya Rasa Teh Susu! (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com