Mau Makan Seafood di Restoran? Ini Info Penting yang Perlu Anda Ketahui

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 09 Jan 2018 16:30 WIB
Foto: Dok. Kepiting Nyinyir Foto: Dok. Kepiting Nyinyir
Jakarta - Seafood yang dijual di restoran dekat pantai bisa dipastikan segar. Tapi bagaimana dengan kesegaran seafood di restoran biasa?

Dua chef ternama untuk memberikan solusi terkait hal ini, seperti dikutip dari msn (24/10). Ada chef Silvia Barban yang menjabat sebagai executive chef di restoran Aita dan LaRina, Brooklyn, dan chef James Briscione selaku direktur riset kuliner di Institute of Culinary Education, New York.

Mereka memberikan tips penting seputar sajian seafood di restoran.

1. Menu spesial seafood

Mau Makan Seafood di Restoran? Ini Info Penting yang Perlu Anda KetahuiFoto: iStock
Anda pasti pernah menemukan menu spesial sebuah restoran setelah akhir pekan? Nah, jika sajian yang ditawarkan itu berupa seafood atau ikan, sebaiknya perhatikan baik-baik. Karena bisa jadi mereka membuat sajian berbahan seafood yang sudah lama ada di dalam kulkas. Dari pada busuk, lebih baik dijadikan sajian spesial saja!

"Sajian spesial hanya trik restoran. Bisa tersaji dari bahan yang benar-benar fresh dan enak, tapi di beberapa restoran, sajian spesial adalah cara 'membersihkan' kulkas mereka," ujar Silvia Barban.

Jadi pastikan sajian spesial yang ditawarkan itu berbahan segar. Caranya mudah, lihat saja bahan utama sajiannya. Jika memang bahan itu yang menjadi andalan restoran, bisa dipastikan itu bahan yang segar.

Anthony Bourdain juga menyarankan untuk berhati-hati dengan restoran yang menyajikan hidangan laut padahal menu itu bukan menu atau bahan andalan di restoran itu.

Jadi, jangan tergoda dengan sajian spesial di sebuah restoran lagi terlebih kalau bahan utamanya ikan dan seafood.

Baca Juga: Ini 4 Tips Penting Dari Chef Untuk Meracik BBQ Seafood yang Enak

2. Hindari seafood dan ikan yang dibudidaya

Mau Makan Seafood di Restoran? Ini Info Penting yang Perlu Anda KetahuiFoto: thinkstock
Ikan lele dan nila lebih sering dibudidaya dari pada diambil dari alam bebas. Nah, ikan yang dibudidaya sering disuntik antibiotik dan dirawat dengan bahan kimia. Apalagi seafood yang dibudiya. Mereka rentan terkena polutan.

Tanya dulu pada pihak restoran bagaimana mereka mendapatkan ikan lele dan nilanya. Jika mereka tidak bisa menjawabnya, sebaiknya tidak usah membeli menu berbahan dua ikan ini.

3. Tahu asal seafood

Mau Makan Seafood di Restoran? Ini Info Penting yang Perlu Anda KetahuiFoto: iStock
Anda harus tahu dari mana seafood yang Anda santap. Sekali lagi, Anda bisa bertanya langsung pada restoran tempat Anda makan.

"Saya adalah orang yang selalu bertanya dari mana seafood berasal jika tidak disebutkan di menu," ujar chef James Briscione.

"Saya tidak tertarik dengan bahan (seafood) diimpor, terutama udang, nila, dan ikan lele. Mereka sering dibesarkan dalam kondisi yang kurang ideal," tambahnya.

Selain kebersihan kualitas seafood perlu Anda ketahui agar mendapatkan seafood terbaik dan enak serta tak bikin Anda keracunan makanan. Lagi pula menu seafood umumnya relatif mahal.

Baca Juga: Chef Ini Ungkapkan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan di Restoran (dwa/odi)