Ini Dia 6 Kuliner yang Akan Populer di Tahun 2018

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 08 Jan 2018 15:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Makanan apa yang bakal jadi tren di 2018? Apa masih ada cold brew cofee seperti tahun lalu? Ini dia jawabannya.

Dilansir CNBC (27/12), ada 6 jenis makanan yang populer di tahun ini. Tentunya akan lebih menyehatkan karena akan ada tren minuman non alkohol hingga pola diet yang bisa merampingkan badan Anda.

1. Protein Nabati
Ini Dia 6  Kuliner yang Akan Populer di Tahun 2018Foto: Istimewa
Kini bahan makanan protein nabati bisa menggugah selera Anda. Karena ada produk inovatif yang mengubah sayuran tinggi protein jadi daging patty yang lezat.

Inovasi ini hadir di tahun 2017 lalu dari sebuah perusahaan bernama Beyond Meat and Impossible Foods. Perusahaan ini mulai menggandeng banyak restoran dan membawa inovasinya ke supermarket.

"Tahun 2018, daging alternatif ini benar benar akan diluncurkan," ujar Ken Harris, managing partner di Cadent Consulting Group.

Patty lezat terbuat dari sayuran tinggi protein ini diberi nama Beyond Meat. Saat ini sudah tersedia di 5 ribu lebih restoran dan supermarket. Menu impossible burger milik Impossible Food ini juga bisa didapat di lebih dari 350 restoran di Amerika.

"Rasanya (burger) sangat enak," ujar Harris

Harris juga mengatakan kalau burger ini tidak hanya untuk vegetarian, tapi juga untuk Anda yang ingin makan daging sekaligus makan sayur.

Restoran burger ternama seperti Epic Burger mengaku penjualan Beyond Burger di sana sangat tinggi.

"Dalam wkatu tiga bulan, kami bisa menjual 20 ribu buah Beyond Burger yang yang setara dengan 10 persen penjualan burger/sandwich dan melebihi ekspektasi penjualan kami," ujar David Friedman, CEO Epic Burger.

2. Mocktails
Ini Dia 6  Kuliner yang Akan Populer di Tahun 2018Foto: iStock
Minuman ini sudah tidak asing lagi. Minuman non alkohol seperti Shirey Temples sudah populer. Shirey Temples terbuat dari jahe dan sari buah pomegranate.

Tahun ini konsumsi alkohol akan menurun. Perusahaan seperti Ocean Spray dan Welch's menawarkan jus cocktail sebagai pilihan.

Ocean Spray punya jus cocktail kemasan dengan rasa cranberry peach bellini dan cranberry sangria yang segar. Mocktail populer karena rasa dan efeknya yang tidak memabukan.

3. Makanan penyehat usus

Ini Dia 6  Kuliner yang Akan Populer di Tahun 2018Foto: iStock
Memelihara kesehatan organ pencernaan akan jadi tren populer di 2018. Tahun lalu sari cuka apel dinilai ampuh mengusir jerawat dan obat mabuk.

Sudah banyak produk yang kaya akan probiotik dan micro-organisme yang bisa sehatkan usus. Akan ada banyak pilihan hidangan penyehat usus tahun ini.

Tempe, miso, dan kimchi bisa jadi pilihan tepat untuk menyehatkan usus Anda.

4. Diet Ketogenik
Ini Dia 6  Kuliner yang Akan Populer di Tahun 2018Foto: iStock
Pola diet yang satu ini mengubah cadangan lemak (bukan karbohidrat) di tubuh menjadi energi. Dengan kata lain, menurunkan asupan karbohidrat.

Jika Anda mengurangi asupan karbohidrat, tubuh akan memproduksi zat keton. Zat ini lah yang bisa mengusir cantik lemak di tubuh.

Daging, sayuran hijau, kacang, dan biji-bijian hingga susu berlemak tinggi amat membantu Anda untuk menjalankan diet ini. Dengan menjalankan diet ini, tubuh bisa mengeluarkan biji-bijian, gula, buah dan pati seperti kentang dalam tubuh.

Awalnya diet ini ada di tahun 1920 untuk mengobati epilepsi. Tapi karena banyak orang yang menjalankan diet ini dan melihat hasil baik membuatnya viral di media sosial.

Tapi ingat hasil diet keto tiap orang berbeda beda.

5. Jamur
Ini Dia 6  Kuliner yang Akan Populer di Tahun 2018Foto: Istimewa
Pernah dengar kan mengenai kopi jamur? Ya! kabarnya ini akan menjadi tren di 2018.

Jamur baik bagi tubuh karena kaya antioksidan, vitamin dan serat. Ia juga banyak mengandung protein yang bisa dipakai untuk memanggang dan memasak. Selain itu, Harris membocorkan jika jamur bisa digunakan untuk pewarna makanan.

Apakah tren kopi jamur ini akan dilirik oleh Starbucks dan Dunkin tahun ini? Hanya waktu yang bisa menjawab.

6. Bunga yang bisa dimakan
Ini Dia 6  Kuliner yang Akan Populer di Tahun 2018Foto: iStock
Dengan adanya bunga cantik di piring makan, pasti bisa membuat ceria makanan Anda. Apalagi jika bunganya bisa dimakan juga. Nah, rasa bunga yang dapat dimakan ini akan menjadi primadona di tahun ini.

Jenis bunga elderflower sudah merajai pasar insternasional. Namun rasa dari bunga lain seperti hibicus, lavender, rose sangat ditunggu-tunggu.

Bunga yang dapat dimakan telah lama menjadi cara untuk menambahkan hiasan unik dan canggih ke piring, namun pada tahun 2018, rasa ini akan menjadi primadona. Sementara rasa seperti elderflower telah melayang di pasar internasional, berharap dapat melihat lebih banyak rasa berbunga di tahun baru.

Whole Foods Market mengumumkan jika rasa bunga bisa jadi masuk dalam 10 tren kuliner terpopuler di 2018. Latte, teh, dan minuman soda bisa dipadukan dengan rasa bunga.

Baca Juga: Tahun 2018, 10 Jenis Makanan Ini Akan Makin Sering Ditemui (1) (dwa/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat