Wah, 10 Minuman Ini Bisa Bantu Melangsingkan Tubuh Anda!

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 05 Jan 2018 09:15 WIB
Foto: GettyImages/Telegrah Foto: GettyImages/Telegrah
Jakarta - Selain berolahraga, menurunkan berat badan juga bisa didukung dengan minuman sehat. Ada 10 minuman yang dikenal bisa membantu Anda mendapatkan tubuh ideal.

Konsumsi cairan bisa membantu menekan rasa lapar. Selain mengurangi asupan gula dan makanan tinggi kalori, beberapa minuman juga dapat membantu tingkatkan metabolisme dan membakar lemak dalam tubuh. Konsumsi cairan juga dapat optimalkan hidrasi tubuh dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Dilansir dalam legionathletics.com (03/01) ini dia 10 minuman dengan kalori rendah yang bisa membantu Anda memberantas lemak dalam tubuh. Apa saja ya?

Baca juga: Mau Minum Air Lemon Buat Turunkan Berat Badan, Ketahui Dulu 5 Hal Ini

1. Air Putih
Wah, 10 Minuman Ini Bisa Bantu Melangsingkan Tubuh Anda!Foto: iStock
Anda pasti sudah tahu bahwa tubuh membutuhkan banyak air. Karena sekitar 60-70 persen komponen tubuh adalah air. Beberapa orang tak banyak konsumsi air putih karena minuman ini tidak ada rasanya dan malas jika sering ke kamar mandi. Berbagai macam alasan ini harus Anda hilangkan. Karena Anda harus mulai menyukainya jika ingin menurunkan berat badan.

Minum beberapa gelas saat bangun tidur dan sebelum makan menjadi salah satu trik menghindari konsumsi makanan berlebihan. Minum air putih juga dapat membantu cegah kulit kering.

2. Air Lemon
Wah, 10 Minuman Ini Bisa Bantu Melangsingkan Tubuh Anda!Foto: iStock
Jika Anda masih belum bisa mencintai air putih karena rasanya yang hambar. Anda bisa mencoba air lemon yang jadi pilihan sehat dibandingkan dengan minuman bersoda yang mengandung banyak gula. Buah lemon tidak hanya dapat menambahkan rasa pada air putih, akan tetapi juga mengandung vitamin C dan juga mineral yang baik untuk tubuh.

3. Air Kelapa
Wah, 10 Minuman Ini Bisa Bantu Melangsingkan Tubuh Anda!Foto: iStock
Tidak banyak yang mengira jika air kelapa bisa menjadi minuman penurun berat badan. Air kelapa bisa memenuhi kebutuhan vitamin B yang berperan penting dalam metabolisme sel dan menjaga kekebalan tubuh. Kandungan potassiumnya juga membantu dalam fungsi sistem saraf dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, air kelapa juga memiliki rasa yang enak.

4. Teh Putih atau White Tea
Wah, 10 Minuman Ini Bisa Bantu Melangsingkan Tubuh Anda!Foto: GettyImages
Teh putih atau white tea adalah teh yang hanya dijemur setelah dipetik. Pada dasarnya teh ini mentah. Rasanya pun lebih ringan, halus dan sedikit manis.

Teh ini bebas kalori dan Anda hanya tinggal menyeduhnya dengan air panas dan teh putih ini bisa langsung Anda nikmati. Teh ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai rasa ringan dan sedikit manis.

5. Teh Oolong

Teh oolong terbukti dapat membantu menurunkan berat badan karena bisa mengaktifkan enzim pelarut trigliserida, yaitu jenis lemak yang bisa menyebabkan obesitas. Teh oolong juga dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Antioksidan dalam teh oolong juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

6. Teh Roiboos

Teh rooibos dari Afrika Selatan ini mulai digemari orang. Walau teh roiboos tidak seenak teh hijau atau jenis teh lainnya. Tetapi teh roiboos punya banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh. Teh ini sarat akan antioksidan dan mineral. Teh ini bebas dari kandungan kafein dan terbukti ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Juga mencegah alergi, sakit perut, sakit kepala dan jerawat. Jenis teh ini mengandung flavonoid bernama aspalathin yang membantu meningkatkan penurunan berat badan.

7. Teh Hijau
Wah, 10 Minuman Ini Bisa Bantu Melangsingkan Tubuh Anda!Foto: iStock
Teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan karena kandungan antioksidannya. Antioksidan bernama catechins tersebut ada pada daun teh hijau. Stefanie Mandez seorang ahli gizi asal Amerika mengatakan jika zat catechins pada teh hijau bisa menstimulasi sistem saraf simpatik untuk meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi (penguraian) lemak.

8. Teh Peppermint
Wah, 10 Minuman Ini Bisa Bantu Melangsingkan Tubuh Anda!Foto: GettyImages/Telegrah
Sudah lama teh peppermint dikaitkan dengan kesehatan pencernaan karena membantu otot intestin dalam tubuh lebih rileks. Manfaat lain teh peppermint adalah sebagai teh diet karena sifatnya yang menekan nafsu makan. Sebuah penelitian bahkan membuktikan ketika seseorang menghirup peppermint tiap dua jam, ia otomatis makan 2.800 kalori lebih sedikit tiap minggunya.

9. Kopi
Wah, 10 Minuman Ini Bisa Bantu Melangsingkan Tubuh Anda!Foto: Dok. detikFood
Kafein pada kopi diketahui berfungsi sebagai penekan nafsu makan. Semakin asam rasa kopi maka semakin berkurang juga selera makan Anda. Agar hasilnya lebih efektif, Anda bisa minum kopi di pagi hari atau sebelum makan. Jika meminum kopi, Anda akan merasa kenyang. Hal ini terjadi karena kadar kafein yang ada pada kopi.

10. Biji Chia
Wah, 10 Minuman Ini Bisa Bantu Melangsingkan Tubuh Anda!Foto: iStock
Biji mungil ini kaya akan protein juga kaya omega 3 dan akan mengembang di lambung. Hal ini membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu mereka sangat menyerap air. Karenanya perlu diimbangi dengan konsumsi air yang cukup.

Salah satu cara penyajian terbaik biji chia adalah mencampurnya dengan air kelapa. Anda hanya perlu menyiapkan satu gelas air kelapa, satu setengah sendok makan biji chia, setengan sendok teh jus lemon, dan madu. Padukan semua bahan lalu minum.

Baca Juga: Ini 8 Kesalahan Diet yang Membuat Berat Badan Tak Turun-turun (1) (dwa/odi)