Meski Populer Sebagai Makanan Amerika, 10 Makanan Ini Tak Berasal dari Amerika (1)

Devi Setya - detikFood Kamis, 04 Jan 2018 16:00 WIB
Foto: Stuff/iStock Foto: Stuff/iStock
Jakarta - Banyak orang menganggap hamburger, fried chicken dan donat berasal dari Amerika. Ternyata, semua makanan itu aslinya bukan dari Amerika.

Media iklan begitu gencar mengatakan deretan makanan Amerika yang sebagian besar populer secara global hampir di seluruh dunia. Padahal makanan-makanan tersebut bukan makanan khas Amerika. Kok bisa?

Dilansir dari This Is Insider, berikut beberapa makanan yang populer sebagai makanan Amerika padahal bukan dari Amerika.

1. Hamburger dari Hamburg, Jerman
Meski Populer Sebagai Makanan Amerika, 10 Makanan Ini Tak Berasal dari Amerika (1)Foto: Istimewa
Hamburger mungkin kini dikenal sebagai makanan cepat saji asal Amerika. Padahal asal muasal makanan ini dari peternakan di kawasan Hamburg, Jerman padda abad ke-12 menurut History Channel.

Awalnya roti daging dikenal dengan nama frikadellen atau buletten. Namun di abad ke-19 terjadi kerusuhan politik yang menyebabkan banyak orang Jeman ke Amerika dan membuka kedai bir yang menyajikan roti daging. Sejarah mencatat hamburger mulai diperkenalkan ke masyarakat pada tahun 1904 saat pameran St. Louis sebagai makanan baru khas Amerika.

Baca juga : Ini Lho 10 Jaringan Fast Food Paling Sukses di Amerika Saat Ini (1)

2. Kentang goreng dari Belgia dan Prancis
Meski Populer Sebagai Makanan Amerika, 10 Makanan Ini Tak Berasal dari Amerika (1)Foto: iStock/detikFood
Menurut National Geographic, pada pertengahan abad ke-20, kentang goreng dimanfaatkan para nelayan Belgia untuk memancing. Tetapi tentara Amerika menemukan merekaa dan menyebut kentang goreng prancis atau french fries karena saat itu para nelayan berbicara menggunakan bahasa Prancis.

Sementara pengamat sejarah makanan mengklain bahwa kentang goreng adalah makanan yang dijajakan penjual kaki lima di awal tahun 1780-an. Makanan ini dikenal dengan nama pommes ftites. Nama Thomas Jefferson sering disebut-sebut sebagai orang yang memperkenalkan kentang goreng Prancis ke Amerika.

3. Saus tomat dari China
Meski Populer Sebagai Makanan Amerika, 10 Makanan Ini Tak Berasal dari Amerika (1)Foto: iStock

Menurut National Geographic, saus tomat yang sering disebut dengan nama ketchup berasal dari pasta makanan fermentasi yang berasal dari bahasa Hokkien China. Saus tomat dibuat kembali di Inggris pada abad ke-18 namun dengan tambahan jamur, kenari, tiram dan anchovies.

Resep asli saus tomat ditemukan oleh holticulturalist asal Amerika, James Mease namun tidak mengandung cuka dan gula. Baru pada tahun 1876 ketika H, J. Heinz datang dengan membawa resep saus tomat baru yang lebih enak dan lebih awet lama. Nama Heinz kemudian dikenaal sebaagai produsen saus tomat ternama hingga saat ini.

4. Pie Apel dari Inggris
Meski Populer Sebagai Makanan Amerika, 10 Makanan Ini Tak Berasal dari Amerika (1)Foto: iStock
Ada pepatah kuno yang mengatakan "As American as apple pie". Menurut American Pie Council, resep pie apple ini berasal dari bangsa Yunani Kuno. Namun di Inggris, pie sudah terkenal sejak abad pertengahan.

Kue ini dikenal dengan sebutan "pyes" yang bagian cangkangnya disebut "coffyns" biasanya kue ini diisi dengan daging. Sementara pie apel modern dibuat oleh baker asal Belanda pada abad ke-15. Pie buah pertama dibuat di Inggris pada abad ke-16 di era Ratu Elizabeth dengan tanpa tambahan gula.

Baca juga : Ini 11 Produk Makanan Amerika yang Tak Akan Pakai Perasa dan Pewarna Buatan Lagi pada Tahun 2018 (1)

5. Mac and cheese dari Italia
Meski Populer Sebagai Makanan Amerika, 10 Makanan Ini Tak Berasal dari Amerika (1)Foto: iStock
Nama Thomas Jafferson sering disebut sebagai penemu resep mac and cheese karena ia membawa mesin makaroni setelah perjalanannya dari Eropa.

Macaroni berasal dari bahasa Italia "maccheroni" yang artinya pasta secara umum. Dan resep basic makaroni yang dipanggang dengan saus keju ditemukaan tercatat dalam buku masak abad ke-14 "Liber de Coquina" yang dipercaya ditulis oleh orang Italia dalam bahasa latin. (dvs/odi)