Mengonsumsi Air Mentah dalam Kemasan Jadi Tren Sehat di Amerika

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 04 Jan 2018 15:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Saat ini air mentah menjadi tren minuman kemasan di Amerika. Apakah air ini benar-benar menyehatkan? Ini penjelasannya.

Susu mentah memang tidak berbahaya bagi tubuh, tapi kini banyak orang yang terobsesi dengan hal yang serba alami hingga memasuki tahap absurb. Air mentah atau air yang mengalir begitu saja dari mata air tanpa pemurnian merupakan tren paling konyol yang ada di Amerika lapor The Daily Meal (03/01).

Raw water (air mentah) merupakan nama yang dipakai salah satu merek air minum dalam kemasan khusus. Karena perusahaan ini menggali air tanah, air sungai, dan cairan dari sumber lain lalu mengemasnya dalam botol dengan harga tinggi.

Mengonsumsi Air Mentah dalam Kemasan Jadi Tren Sehat di AmerikaFoto: iStock
Air kemasan ini tidak melalui proses apapun serta tidak mengandung bahan kimia, dan tidak melewati pipa federal atau kota seperti yang ada pada air keran. Setiap 2.5 galon air mentah dijual seharga $36.99 atau sekitar Rp 497.000.

Baca Juga: Tidak Semua Sama, Ternyata Ada 7 Jenis Air, Lho!

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa orang menginginkan air yang masih kotor? Padahal di masa lalu, air yang sudah melawati pemurnian ultra menjadi tren. Tapi kini 'air murni' dari alam menjadi populer.

Dilansir The New York Times (29/12) para pendukung tren ini percaya jika jenis penyaringan yang salah bisa menghilangkan mineral bermanfaat juga membunuh bakteri baik yang ada. Silicon Valley di wilayah California terkenal memiliki banyak kekayaan dan investasi dalam hal tren kesehatan.

Air ini mungkin tidak benar-benar aman untuk diminum. Fluoride yang terkandung di dlaamnya memang menyeramkan. Tapi lebih menyeramkan lagi jika Anda dapat melihat apa yang tersembunyi di dalam alam yang keruh. Bukannya mendapat mineral dan nutrisi yang baik untuk tubuh, tapi air ini bisa menyebabkan muntah atau diare.

Seperti yang dilaporkan Ars Technica, "mencari mata air" bukanlah hal yang membutuhkan banyak peraturan pengawasan yang melindungi air kemasan dan keran. Hasil analisa satu perusahaan di tahun 2015 tidak menunjukkan adanya patogen yang ditularkan melalui air seperti Legionella dan Giardia.

Air mentah bisa menyimpan kontaminan dari hewan, tanah, dan polusi. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika secara ketat mengatur pemurnian air keran sebelum dikonsumsi dan didistribusikan ke rumah karena hal ini sangat penting bagi keamanan. Karena adanya peraturan ini, membuat air minum di Amerika menjadi air minum teraman di dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan bahwa meminum air yang terkontaminasi memiliki risiko kesehatan paling berbahaya namun dapat dicegah untuk kemanusiaan di dunia. Sebenarnya, mereka mengingatkan secara tersirat jika air yang terkontaminasi dapat menularkan penyakit seperti diare, kolera, disentri, tipus, dan polio.

Baca Juga: Begini Cara Benar Meracik Air Lemon Untuk Diminum Tiap Pagi (dwa/odi)