Sayuran Berwarna Ungu Diprediksi Akan Hits di Tahun 2018

Devi Setya - detikFood Kamis, 28 Des 2017 10:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tahun depan, sayuran berwarna ungu diprediksi akan jadi tren. Banyak orang akan mengisi keranjang belanja dengan sayuran warna ungu. Benarkah?

Menurut Waitrose seperti dilansir dari Telegraph (27/12), orang akan cenderung makan makanan sehat yang tampak menarik. Dengan kata lain orang akan memilih "makan pelangi" atau makanan dengan warna beragam.

Menurut prediksi 10 swalayan, tren sayuran yang akan booming di tahun 2018 adalah sayuran warna ungu. Sayuran ini mulai dari wortel, ubi jalar, buah fig, terung hingga kol. Sayuran ini digadang-gadang akan memenuhi rak sayuran di swalayan.
Sayuran Berwarna Ungu Diprediksi Akan Hits di Tahun 2018Foto: Istimewa/iStock
Baca juga : Makanan Berbahan Kelapa dan Sayuran Ungu Diyakini Lebih Sehat

Organisasi kesehatan termasuk British Heart Foundation mengatakan konsumsi makanan berwarna-warni alami akan memberikan dampak baik untuk kesehatan. Pasalnya ada banyak kandungan nutrisi dalam makanan tersebut.

Warna ungu ini yang dikenal dengan sebutan "ultra violet" yang baru saja dinobatkan sebagai warna Pantone's Color of the year pada
2018 mendatang.

"Media sosial sudah mengubah hubungan antara orang dan makanan. Kita cenderung membagikan gambar makanan dan dari sana orang banyak tertarik untuk mengikuti trennya," kata Nicole Waller Kepala Produksi Wairose.

Lebih lanjut Nicole juga mengatakan, "Makanan ungu juga demikian. Kami melihat ada kenaikan penjualan pada wortel chantenay purple yang naik sekitar 15 persen, sementara ubi ungu mengalami kenaikan penjualan 70 persen, lain halnya dengan blueberry yang kini jadi pilihan orang Inggris dibandingkan strawberry," beber Nicole.
Sayuran Berwarna Ungu Diprediksi Akan Hits di Tahun 2018Foto: Thinkstock
Ia juga mengatakan karena kenaikan penjualan ini, pihaknya mulai banyak memasukkan produk baru berwarna ungu. "Tingginya permintaan membuat kami memperkenalkan sejumlah sayuran ungu pada tahun depan. Kentang ungu misalnya yang kami harapkan bisa menembus angka penjualan sebanyak 90 ton di tahun depan."

Selain sayuran warna ungu, tahun 2018 mendatang juga diprediksi akan makanan Indi, makanan Jepang, protein nabati seperti kacang dan biji-bijian yang semakin populer di kalangan anak muda. (dvs/odi)