Mau Coba? Ini Wine Termahal di Dunia Seharga Rp 406 Juta per Botol

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 28 Des 2017 06:53 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kolektor wine wajib punya jenis wine ini. Disebut-sebut sebagai wine termahal, AurumRed Gold dibanderol hingga Rp 406 juta.

AurumRed Gold terbuat dari anggur Tempranillo yang berusia sekitar 100 tahun. Dilaporkan Oddity Central (19/12), Hilario Garcia yang memproduksi AurumRed Gold menggunakan teknik modern dan tradisional dalam pembuatan wine.

Perkebunan anggur Hilario Garcia tidaklah besar. Lokasinya ada di La Mancha, Spanyol. Ia menggunakan terapi ozon untuk mengatasi kondisi tulang belakang yang membuat bagian bawah tubuhnya lumpuh. Uniknya, Garcia memanfaatkan terapi ini dalam proses produksi wine.

Mau Coba? Ini Wine Termahal di Dunia Seharga Rp 406 Juta per BotolFoto: iStock

Baca Juga: Wine Seharga Rp 140 Ribu Ini Duduki Peringkat Salah Satu Wine Terbaik di Dunia

Ia bereksperimen di lab sebelum berhasil mengozonisasi air yang dipakai untuk mengirigasi anggur. Terapi ozon memungkinkan kadar oksigen dalam tubuh meningkat lewat pengenalan ozon tingkat medis, yang merupakan bentuk oksigen murni yang sangat reaktif.

"Saya memverivikasi bahwa Anda bisa menggunakan teknik yang dipakai untuk mengobati sakit serta penyakit hewan dalam dunia tumbuhan, dan di kebun anggur, untuk mengendalikan hama," tutur Garcia. Tujuan dari proyeknya adalah menghasilkan wine yang sehat dan seimbang.

Garcia secara hati-hati memilih tanah tempat tumbuhnya anggur Tempranillo, Cabernet Sauvignon dan Sauvignon Blanc. Serangkaian uji coba tanah dan air juga jadi pertimbangannya. Tak ketingalan, Garcia menerapkan konsep "pyramidal energy" yang memungkinkan siapapun dengan mood buruk tidak masuk ke area kebun anggur.

Menurut Garcia, wine yang dihasilkannya berbeda dengan wine lain. Aroma, rasa dan teksturnya akan berubah cepat ketika gelas diputar. Bahkan kesegaran dan rasanya bisa bertahan 2 tahun meski sumbatan botol sudah dibuka.

Mau Coba? Ini Wine Termahal di Dunia Seharga Rp 406 Juta per BotolFoto: Istimewa

Baca Juga: Ini Wine Termahal di Dunia yang Laku Terjual Rp 4.7 Milliar

Selain proses pembuatan yang unik, harga wine mahal dipicu dari dari kelangkaannya. Tiap seri Gold Series, hanya ada 300 botol wine yang dijual. Dari jumlah ini, 150 botol disimpan untuk pembeli reguler. Sisanya ditaruh di kebung anggur untuk pembeli potensial yang mau datang dan coba.

Di Spanyol, AurumRed Gold hanya dijual sebanyak 30%. Sisanya dijual untuk pelanggan di luar negeri. Harganya terus meroket sejak pertama kali diluncurkan. Untuk pilihan lebih murah, Garcia menyediakan AurumRed Silver Edition dan AurumRed White.

(adr/adr)