Kuliner Hits 2017

Kopi 'Cold Brew' Jadi Gengsi Baru Pencinta Kopi

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 15 Des 2017 14:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tak cukup hanya kopi susu, kaum pencinta kopi juga punya kegemaran baru. Kopi 'cold brew' kini jadi identitas pencinta kopi sejati.

Jika kopi plus susu dijual dengan harga kurang dari Rp 20.000 maka dianggap kurang bergengsi. Buat menunjukkan gengsi sebagai pencinta kopi sejati, pencinta kopi beraloh ke 'cold brew'.

Kopi 'Cold Brew' Jadi Gengsi Baru Pencinta KopiFoto: iStock
Selain harganya relatif mahal karena proses pembuatannya lebih lama dan rumit. Kopi yang diseduh dengan sistem dingin ini lebih kurang rasa asamnya. Jadi lebih enak di lidah.

Baca Juga : Cold Brew Coffee, Teknik Seduh Kopi Dingin yang Kembali Populer

Kalau dulu orang harus menunggu berjam-jam untuk menikmati kopi 'cold brew' kini tak perlu lagi. Banyak kafe lokal di kota-kota besar Indonesia menyediakan kopi ini dalam kemasan botol.

Kopi 'Cold Brew' Jadi Gengsi Baru Pencinta KopiFoto: iStock
Botol kaca berwarna putih bening atau cokelat, cembung atau pipih sudah dilengkapi dengan tutup ulirnya. Biasanya disimpan dalam cooler atau lemari pendingin. Disajikan dalam gelas tinggi atau mason jar.

Jika akan minum, cukup dituang dalam gelas pendek dan diteguk. Lebih baik tanpa tambahan gula. Sensasi dingin dan rasa yang kurang asam plus tendangan kafein yang lebih teras, membuat kopi ini langsung digemari banyak orang.

Kopi ini meskipun dingin bukanlah es kopi atau air kopi yang didinginkan dalam lemari es. Tetapi diseduh dengan sistem ekstraksi yang lambat memakai air dingin dengan beberapa wadah kaca.

Di berbagai gerai kopi seperti Anomali atau Tanamera, tersedia kopi 'cold brew' yang siap minum. Memang tak banyak stok yang dijual karena proses penyeduhan yang lama.

Di Bali kopi 'cold brew' sangat memikat wisatawan. Kopi Seniman di kawasan Ubud selalu menyediakan beragan jenis kopi yang diseduh dengan teknik 'cold brew'.

Konon pencinta kopi lebih merasa bangga jika meneguk kopi 'cold brew' daripada frapuccino apalagi kopi susu kekinian. Kopi ini menjadi penanda seseorang pencinta kopi atau sekedar ikut tren. Kopi single origin dan special blend biasanya jadi pilihan.

Baca Juga : Cold Brew Coffee yang Lagi Tren Bisa Dibikin Sendiri (dwa/odi)