5 Tips dan Trik dari Profesional untuk Dapatkan Foto Makanan yang Cantik

Devi Setya - detikFood Jumat, 15 Des 2017 13:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bikin foto makanan yang cantik menggiurkan ada triknya. Kali ini seorang fotografer profesional berikan jurus jitunya.

Jika Anda punya hobi masak atau hobi makan pasti ingin memotret semua makanan yang pernah Anda buat atau makan. Agar hasil foto tampak lezat menggoda, Anda harus mengantongi beberapa triknya.

Lindsay Silverman, Senior Product Manager Nikon, memberikan tips dan trik jitu saat memotret makanan agar hasilnya cantik menggiurkan dan instagrammable pastinya.

1. Atur latar foto
Manfaatkan berbagai properti yang kreatif misalnya taplak meja dengan warna meriah jika makanan yang akan difoto cocok sebagai makanan liburan. Coba juga gunakan lilin, kertas atau hiasan cantik yang bisa ditata di sekitar makanan. Anda juga bisa memanfaatkan hiasan meja atau tempat tisu.

5 Tips dan Trik dari Profesional untuk Dapatkan Foto Makanan yang CantikFoto: Istimewa
2. Atur cahaya
Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, peran pencahayaan sangat penting. Pastikan Anda memotret makanan di dekat sumber cahaya. Sementara untuk memotret makanan, saat ini beberapa kamera canggih sudah memiliki fitur khusus untuk makanan. Tinggal arahkan lensa ke arah makanan dan jepret!

3. Tentukan angle kamera
Cobalah memotret makanan dengan berbagai sudut angle yang berbeda. Misalnya ambil foto makanan dari atas untuk mendapatkan kesan full, atau ambil dari dekat jika ingin mengambil detail tekstur makanan.

5 Tips dan Trik dari Profesional untuk Dapatkan Foto Makanan yang CantikFoto: Istimewa

4. Gunakan kamera dengan Wi-Fi
Agar lebih cepat memindahkan hasil foto dari kamera ke smartphone Anda, manfaatkan kamera dengan jaringan wifi. Hasil foto yang sudah ada di smartphone bisa langsung dibagikan lewat media sosial. Buatlah semua follower ingin mencicipinya.

5. Beri sentuhan seni
Untuk menghasilkan foto yang menarik, diperlukan sentuhan seni. Tata makanan Anda dengan garnish yang menarik . Gunakan piranti makan yang bentuknya unik dan menarik serta jangan lupa ambil gambar dengan angle foto yang pas. Semakin tinggi selera seni seseorang maka semakin unik juga tatanan dan hasil fotonya. (dwa/odi)