Kalau Lagi di Jakarta Pusat, Hangatkan Diri dengan Makan Tongseng di Sini​

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 12 Des 2017 18:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Udara dingin enaknya menyantap makanan yang berkuah. Salah satu pilihan menu berkuah yang gurih dan kaya akan rempah adalah tongseng.

Bagi Anda penyuka masakan khas Solo, pasti tak akan menolak jika ditawari hidangan yang satu ini. Berkuah, gurih, dan dimasak dengan api arang jadi ciri khasnya.

Jika sedang berada di kawasan Jakarta Pusat, tak ada salahnya Anda mampir menyantap tongseng sekaligus hangatkan tubuh di tempat ini.

Baca juga: Ini 5 Tempat Makan Tongseng yang Gurih Berempah https://food.detik.com/info-kuliner/d-3176543/ini-5-tempat-makan-tongseng-yang-gurih-berempah

1. Warung Sate dan Tongseng Sri Rejeki

Kalau Lagi di Jakarta Pusat, Hangatkan Diri dengan Makan Tongseng di SiniFoto: detikFood

Bertempat di Gambir dan tidak jauh dari Gereja Imanuel. Tongseng Sri Rejeki dinilai punya daging yang lembut dan melimpah. Rasanya gurih, manis, dan pedasnya pas. Harga satu mangkuk tongseng ayam Rp 23.000 dan Rp 25.000 untuk tongseng sapi dan kambing. Harga tersebut sudah sepaket dengan nasi putih. Warung ini buka dari jam 10:30 sampai 21:00 WIB.

Warung Sate dan Tongseng Sri Rejeki
Jl. Pejambon Gang 2
Gambir, Jakarta Pusat (dekat gereja Imanuel)

2. Tongseng Pak Kumis

Kalau Lagi di Jakarta Pusat, Hangatkan Diri dengan Makan Tongseng di SiniFoto: dok.detikFood

Di gambir ternyata ada tongseng enak lain. Ya, tongseng Pak Kumis. Tongseng dan gulainya punya rasa yang mantap. Kedainya tepat di perempatan Jl Kesehatan, Gambir. Kalau tak ingin antri, baiknya Anda datang sebelum jam makan siang. Harga satu mangkuk tongsengnya Rp 20.000.

Tongseng Pak Kumis
Jl. Kesehatan III No.1, RT.3/RW.6
Gambir, Kota Jakarta Pusat

3. Tongseng Pak Agus di Masjid Sunda Kelapa

Kalau Lagi di Jakarta Pusat, Hangatkan Diri dengan Makan Tongseng di SiniFoto: dok.detikFood

Tongseng yang satu ini dekat dengan Masjid Sunda Kelapa maupun dengan Taman Suropati. Tongseng milik Pak Agus dinilai punya rasa rempah yang kuat. Ia memasak tongsengnya dengan daging paha kambing. Perharinya kedai ini memasak 18 kg daging kambing untuk memanjakan lidah pembelinya. Harganya terbilang murah yakni Rp 20.000. Kedainya buka dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore.

Tongseng Pak Agus di Masjid Sunda Kelapa
Jl. Taman Sunda Kelapa, Menteng, RT.6/RW.4
Menteng, Kota Jakarta Pusat
Telepon: 0812-9429-143

4. Warung Tongseng Tanah Abang 3

Kalau Lagi di Jakarta Pusat, Hangatkan Diri dengan Makan Tongseng di SiniFoto: detikFood

Awalnya tongseng ini dikenal dengan nama tongsneg taman. Namun setelah taman disterilkan pemerintah, kedainya pindah ke ujung Jl. Tanah Abang 3. Tongseng kambingnya punya isiran tomat yang besar dan warna kuah yang sedikit lebih merah. Harga satu mangkuk tongseng kambing adalah Rp 20.000. Tongseng ini hanya buka dari jam 11 sampai jam 4 sore saja.

Warung Tongseng Tanah Abang 3
Jl. Tanah Abang III, RT003/RW03
Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat
Telepon : 0813-8873-3890

5. Tongseng Sukowati

Kalau Lagi di Jakarta Pusat, Hangatkan Diri dengan Makan Tongseng di SiniFoto: detikFood


Kedai ini sangat terkenal di kawasan Cempaka Putih. Tersedia tongseng kambing dan ayam. Untuk tongseng ayam dihargai Rp 20.000 dan Rp 25.000 untuk tongseng kambing. Kedai ini buka dari jam 11 pagi sampai dengan jam 10 malam. Rasanya nikmat dan tak heran jika ramai pembeli saat jam makan siang.

Tongseng Sukowati
Jl. Rawasari Sel. No.E.1, RT.1/RW.1
Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Telepon: 0817-815-291 (lus/odi)