Ini ​6 Jenis ​Saus yang Mantap Dipadu ​dengan ​Rice Bowl

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 11 Des 2017 18:10 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Tak lengkap rasanya menyantap rice bowl tanpa saus. Saus kemasan menjadi pilihan pertama. Padahal Anda bisa lho membuat sausnya sendiri dengan mudah.

Dilansir Food 52 (12/10), 'My Rice Bowl' adalah judul buku terbaru Rachel Yang. Dalam bukunya ia membeberkan macam macam saus yang cocok dipadu dengan hidangan pada rice bowl.

Ini 6 Jenis Saus yang Mantap Dipadu dengan Rice BowlFoto: Istimewa
Dia mengacu pada empat saus yang disajikannya di restoran Seattle. "Flip-Flop" mengacu pada fakta bahwa saus di rice bowl tak sama dengan saus klasik Prancis yang menjadi dasar setiap hidangan. Karena saus pada rice bowl disajikan pada pengunjung tepat sebelum makan.

Keempat saus ini membawa cita rasa berbeda pada rice bowl atau mie, pancake, dan dumpling. Ini dia keempat saus racikan chef Rachel yang tersebut.

1. Saus Spicy Dumpling

Campuran cuka beras dan cabe membuat rasa pedas yang bisa menambah rasa hidangan. Campuran jahe dan bawang putih halus dengan cuka beras dan gula. Kemudian ditambahkan pasta cabai Korea.

Ini 6 Jenis Saus yang Mantap Dipadu dengan Rice BowlFoto: iStock

2. Saus Nam Prik


Nam Prik adalah sebutan untuk saus atau sambal di Thailand. Dibuat dari saus ikan dan jus lemon. Ditambahkan irisan cabe Thai yang super pedas. Rasanya pedas, asin, segar, dan asam.
Ini 6 Jenis Saus yang Mantap Dipadu dengan Rice BowlFoto: iStock

3. Saus Savory Chili

Mungkin saus ini yang paling mudah dibuat dari ke empat saus yang ada. Terbuat dari pasta kacang Korea, pasta cabe Korea, air, dan sedikit minyak wijen. Campuran dari semua bahan tersebut menghasilkan rasa yang saus yang amat gurih. Perpaduan bahannya harus seimbang agar dapat menghasilkan rasa pedas dan funk.

4. Seasoned Soy Sauce

Saus ini sedikit pedas, diberi sedikit jeruk dan sedikit perasa floral karena dicampur dengan mirin dan sake rasanya menjadi kurang asin dan tak sama seperti kecap biasa. Yang tidak hanya menyediakan ini untuk pembeli tapi juga digunakan sebagai pengganti kecap dalam resep. Anda bisa menggunakan saus ini untuk bumbu chicken wings supaya mendapat rasa kecap.

Ini 6 Jenis Saus yang Mantap Dipadu dengan Rice BowlFoto: iStock
Keempat saus ini dapat membantu menyeimbangkan rasa pada di rice bowl. Ada rasa rempah-rempah yang khas, asin, dan menambah aroma hidangan secara bersamaan.

Baca juga: Resep Nasi Taiwanese Rice Bowl (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com