Agar Tak Cepat Pikun, Konsumsi Saja 9 Makanan Enak Ini! (1)

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 11 Des 2017 15:35 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Masih muda tapi mudah lupa? Mungkin saja Anda kekurangan nutrisi ini. Agar tak cepat pikun, konsumsi makanan sehat dan olahraga yang cukup bisa membantu Anda.

Makanan sangat penting untuk tingkatkan daya konsentrasi serta memori pada otak. Faktor usia juga sangat mempengaruhi fungsi memori otak Anda. Agar tak sering lupa, sebaiknya Anda konsumsi 9 jenis makanan ini. Dikutip dalam NDTV (09/12), ini ada beberapa makanan yang wajib dikonsumsi agar daya ingat tetap baik. Apa saja ya?

Baca juga: Tingkatkan Daya Konsentrasi dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini (1)

Agar Tak Cepat Pikun, Konsumsi Saja 9 Makanan Enak Ini! (1)Foto: iStock
1. Ikan

"Tidak makan ikan saya tenggelamkan," tulis Menteri Susi Pujiastuti di twitter pribadinya

Banyak sekali manfaat yang Anda dapat jika mengkonsumsi ikan. Hal inilah yang membuat Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia ini menyerukan hidup sehat dengan konsumsi ikan. Fakta lainnya adalah ikan amat baik bagi otak. Ikan salmon, trout, makarel, sarden, dan ikan asap kaya akan Omega 3. Omega 3 inilah yang membantu pertumbuhan sel saraf di otak dan meningkatkan kinerja dan memori otak.

Omega 3 bisa Anda peroleh dari bahan makanan lain. Namun untuk ikan tidak hanya mengandung Omega 3 tapi juga memiliki jumlah aktif EPA dan DHA yang dapat meningkatkan kinerja otak. Tak hanya baik untuk memori otak tapi DHA juga dapat mengatur stres karena menghasilkan serotin. Serotin adalah hormon yang memberikan perasaan damai dan tenang.

Agar Tak Cepat Pikun, Konsumsi Saja 9 Makanan Enak Ini! (1)Foto: iStock
2. Sayuran hijau

Banyak yang kurang suka dengan bahan makan yang satu ini. Padahal mereka dapat meningkatkan memori otak Anda, lho. Sayuran seperti brokoli, bayam, kubis, kale, dan lainnya kaya akan vitamin A dan K. Kedua vitamin ini dapat mencegah peradangan dan membuat baik fungsi memori otak. Penelitian yang dilakukan oleh The Federation of American Societies for Experimental Biology mengatakan bahwa sayuran di atas membantu Anda memperlambat penurunan kognitif karena adanya Vitamin K, beta-karoten, folat dan lutein.

Agar Tak Cepat Pikun, Konsumsi Saja 9 Makanan Enak Ini! (1)Foto: iStock

3. Biji bijian


Semua bahan biji bijian coklat seperti sereal, roti gandum, nasi, dan pasta dapat meningkatkan fungsi memori otak. Hasil penelitian yang dilakukan Columbia University Medical Centre, New York, menyatakan semua jenis biji bijian yang dikonsumi dapat menekan resiko terkena penyakit Alzheimer. Selian itu, biji bijian dapat mengurangi peradangan.

Agar Tak Cepat Pikun, Konsumsi Saja 9 Makanan Enak Ini! (1)Foto: Istimewa

4. Telur


Telur bahan makanan yang mudah didapat dan dapat dimasak dengan beragam cara. Ia mengandung folat, kolin, serta vitamin B6 dan B12 yang merupakan nutrisi bagi kesehatan otak. Vitamin B dan folat memperlambat penurunan mental pada lansia. Jika otak kekurangan kedua asupan tersebut, Anda bisa terkena depresi. Kolin memainkan peran penting dalam meningkatkan memori. Ia membantu tubuh dalam produksi asetilkolin, neurotransmitter yang mengendalikan mood dan ingatan dengan baik. (dwa/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com