Tingkatkan Daya Konsentrasi dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini (1)

Ellia Avrizella Quenda - detikFood Kamis, 21 Apr 2016 10:31 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Makanan sangat penting untuk daya konsentrasi. Jika lapar, Anda mudah terbawa emosi dan kurang konsentrasi.

Perlu diketahui bahwa makanan memiliki kemampuan luar biasa untuk mempengaruhi mental, emosi, memori, dan kemampuan fokus Anda. Untuk dapat meningkatkannya, Anda butuh asupan nutrisi. Dilansir Alifeofproductivity (06/06/2013), makanan ini punya nutrisi penting untuk tingkatkan daya konsentrasi Anda.

1. Blueberries
Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan dalam blueberry mampu meningkatkan memori dan konsentrasi hingga jangka waktu lima jam. Antioksidan dalam blueberry membantu dalam merangsang aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga membuat pikiran menjadi lebih jernih.

Blueberry juga mengandung cocktail of anti-oxidants termasuk juga anthocyanins, proanthocyanidins, resveratrol dan tannins. Zat inilah yang efektif dalam meningkatkan fokus serta melindungi tubuh dari penyakit kanker, jantung, dan dimensia.

2. Teh hijau


Ada dua alasan mengapa teh hijau baik untuk mendukung konsentrasi Anda. Pertama, teh mengandung kafein dan kedua teh mengandung l'theanine. Kafein berfungsi dalam meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Sementara, l'theanine terbukti meningkatkan rasa rileks karena mampu memperlambat proses terbentuknya kafein dalam teh. Apabila kedua kandungan digabungkan akan menghasilkan khasiat yang lebih baik bagi daya fokus dan konsentrasi.

3. Alpukat
Setiap organ tubuh bergantung pada aliran darah, terutama jantung dan otak. Seringlah mengonsumsi alpukat yang dapat membantu dalam meningkatkan aliran darah ke otak. Alpukat juga mengandung serat dengan kadar 11 sampai 17 gram per buah. Serat ini memberi rasa kenyang lebih lama.

4. Sayuran hijau


Sayuran-sayuran hijau kaya akan antioksidan dan karotenoid yang berguna meningkatkan kemampuan otak.
Daun pada sayuran hijau sangat baik karena mengandung vitamin B yang dapat membantu meningkatkan memori, fokus, dan kesehatan fungsi otak secara menyeluruh. Tidak lupa bahwa sayuran hijau juga mengandung asam folat yang baik dalam meningkatkan mental Anda.

5. Ikan
Kandungan omega-3 pada lemak atau minyak ikan membantu meningkatkan kinerja otak dalam memori, mental, dan perilaku.
Kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 dapat memperburuk kemampuan mengolah memori, mental, dan emosi. Selain itu Anda akan mudah merasa lelah dan depresi. Sumber makanan yang kaya omega-3, di antaranya ikan salmon, trout, mackerel, herring, sarden, pilchards dan kipper. (adr/odi)