Intip 5 Hidangan Natal Pilihan Keluarga Kerajaan Inggris

Nailatul Fadhillah - detikFood Senin, 11 Des 2017 15:05 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Keluarga kerajaan Inggris punya hidangan istimewa saat malam Natal. Ada potted shrimp hingga mashed potato dengan tambahan keju kambing.

Berbekal pengalaman sebagai koki kerajaan membuat Darren McGrady punya banyak pengetahuan mengenai hidangan makan malam yang epik. Selain pernah menjadi koki keluarga kerajaan Inggris di Buckingham Palace untuk Ratu Elizabeth II dan kemudian menjadi koki pribadi untuk Putri Diana di Kensington Palace, McGrady tak hanya memasak untuk para bangsawan tapi juga untuk para selebriti dan pejabat terkemuka dunia.

Intip 5 Hidangan Natal Pilihan Keluarga Kerajaan InggrisFoto: Istimewa

Baca juga: Queen Victoria Risotto, Menu Jamuan Favorit Keluarga Kerajaan Inggris

Setelah 15 tahun, McGrady akhirnya pindah ke Amerika dan menjadi koki pribadi untuk keluarga di Texas. Sekarang ia juga mengelola perusahaan katering di daerah Dallas, dengan klien yang berasal dari kelas atas. Selain itu ia juga mengajar kelas memasak dan memimpin tur kuliner.

Dikutip dari Today (7/12), McGrady berbagi informasi soal hidangan Natal yang pernah dibuatnya di Buckingham Palace. Mulai dari potted shrimp hingga mashed potato.

1. Potted Shrimp

Intip 5 Hidangan Natal Pilihan Keluarga Kerajaan InggrisFoto: Istimewa

Potted shrimp adalah sajian tradisional Inggris berbahan udang dengan bumbu pala dan mentega. Biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka. "Di Balmoral Castle, Ratu menerima pengiriman udang Teluk Morecambe setiap minggu untuk disajikan pada afternoon tea dengan roti panggang Melba. Jadi udang bumbu mentega yang pedas akan meleleh saat disajikan dengan roti panggang," ujar McGrady.

2. Beef Bourguignon

Intip 5 Hidangan Natal Pilihan Keluarga Kerajaan InggrisFoto: Istimewa

Sajian daging sapi, beef bourguignon berasal dari Prancis, namun menu ini jadi favorit keluarga kerajaan Inggris. Untuk Natal dan tahun baru, McGrady membuatnya dengan sentuhan khusus berupa pemakaian daging rusa yang didapat usai pesta penembakan. Bentuk sajian ini mirip semur dengan mashed potato. Biasanya ia dan tim akan membuat beef bourguignon dalam beberapa kali untuk dikirimkan ke acara pesta penembakan menggunakan kotak khusus yang membuatnya tetap hangat.

3. Shredded Brussels Sprouts with Onion and Bacon

Intip 5 Hidangan Natal Pilihan Keluarga Kerajaan InggrisFoto: Istimewa

Balmoral Castle memiliki kebun yang menyediakan bahan segar setiap harinya, yang dapat digunakan untuk menyajikan hidangan enak. Seperti Brussels sprouts yang dimasak dengan bawang dan bacon. Menurut McGrady, apapun terasa enak dengan tambahan bawang dan bacon. Ia mengaku tak memakai bawang putih pada resepnya karena Ratu tidak suka.

Baca juga: 'Tempting Thai' Tawarkan Kelezatan Hidangan Kerajaan Thailand

4. Kale and Goat Cheese Mashed Potatoes

Intip 5 Hidangan Natal Pilihan Keluarga Kerajaan InggrisFoto: Istimewa

Bubble and squeak, hidangan tradisional Inggris berupa mashed potato yang dicampur kubis cincang yang biasa disajikan untuk Buckingham Palace, telah mengisnpirasi McGrady untuk membuat inovasi. Ia menambahkan kale dan keju kambing pada sajian ini. Biasanya McGrady membuat mashed potato terlebih dahulu sehingga nanti saat diolah dengan kale tinggal dipanaskan.

5. Rustic Date and Apple Pastry

Intip 5 Hidangan Natal Pilihan Keluarga Kerajaan InggrisFoto: Istimewa

Sandringham House memiliki kebun apel sendiri untuk memasok dapur kerajaan. Karenanya McGrady membuat Rustic Date and Apple Pastry. Dessert ini juga dihidangkan saat acara piknik. Dapat dibuat dengan cukup mudah hanya dengan apel Granny Smith, kurma Medjool dan kenari. Selanjutnya adonan hanya diaduk dengan tangan, digulung dan kemudian dibentuk dengan jari.

(adr/adr)