Kalau Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tambah Lapar Lho!

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 10 Des 2017 16:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Seringkali orang mengganjal rasa lapar dengan camilan. Alih-alih bikin kenyang, ada beberapa camilan yang malah bikin Anda tambah lapar.

Di kantor, rumah, bahkan di dalam tas, pasti ada stok makanan pengganjal lapar. Selain memudahkan, makanan ini dianggap 'penyelamat' saat lapar melanda.

Dilansir News Au (8/12), sebelum memilih beragam camilan kesuka, sebaiknya hindari 6 bahan makanan dan minuma yang bisa bikin tambah lapar.

Kalau Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tambah Lapar Lho!Foto: iStock
1.Biskuit
Jenis biskuit 100% bebas lemak mengandung serat. Karena asupan karbohidrat di tubuh Anda turun (karena belum makan) maka serat tadi terserap dan dicerna cepat oleh tubuh. Hal ini lyang membuat Anda merasa terus lapar.

Jika ingin mengganjal perut, makanlah biskuit dengan topping sehat. Seperti irisan alpukat, selai kacang, keju ricotta atau hummus.

Kalau Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tambah Lapar Lho!Foto: Istimewa
2.Camilan asin
Bicara soal camilan asin, pasti Anda tidak bisa berhenti melahapnya. Anda dapat menghabiskan satu bungkus besar keripik kentang dan keripik jagung sendirian.

Sodium yang ada pada camilan asin bisa membuat Anda kehausan. Kehausan dan kelaparan sangat sulit dibedakan. Setelah memakan camilan asin, seharusnya Anda kehausan dan mengambil minum. Tapi hal ini malah menyebabkan Anda makan lebih banyak keripik akibat rasa haus yang diartikan lapar.
Kalau Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tambah Lapar Lho!Foto: iStock
4.Pemanis buatan
Pemanis buatan bisa menjadi alternatif pengganti gula yang menyehatkan. Tapi masih banyak yang mengonsumsi kue dan pemanis buatan sekaligus.

Pemanis buatan biasa dipakai pada banyak makanan berlabel diet atau bebas gula. Hal ini dianggap aman namun berpengaruh besar pada tubuh. Tubuh menjadi tidak bisa mengukur berapa banyak kalori yang masuk.

Oleh karena itu Anda akan memiliki hasrat ingin makan lebih banyak makanan karena merasa belum kenyang.

Kalau Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tambah Lapar Lho!Foto: Istimewa
5.Jus
Jus buah segar menjadi pilihan Anda sebagai camilan yang menyehatkan. Terlebih jika Anda sedang dalam program diet. Tapi sebaiknya kurangi kebiasaan ini.

Tubuh akan menyerap secara perlahan antioksidan yang terkandung dalam jus. Karena saat perut Anda kosong, tidak ada serat yang cukup sehingga tubuh menyerap cairan lebih cepat terutama fruktosa.

Hal ini menambah kalori dalam tubuh dan fruktosanya bisa menaikkan kadar gula darah. Hingga membuat Anda ingin makan lebih banyak.

Kalau Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tambah Lapar Lho!Foto: iStock
6.Salad
Pada umumnya salad menyehatkan. Namun jika racikan salad yang Anda konsumsi tidak seimbang, Anda akan dilanda rasa kantuk sepanjang hari.

Dari pada meracik salad hanya dengan sayuran hijau, baiknya Anda memberi bahan makanan yang lain.

Anda bisa menambahkan makanan kaya protein seperti ayam, salmon atau buncis. Jangan lupa untuk menambahkan karbohidrat seperti kentang atau biji bijian atau quinoa.

Salad tanpa tambahan bahan lain membuat tubuh mencari asupan protein dan karbohidrat. Hal ini tentunya membuat Anda lapar.

Kalau Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tambah Lapar Lho!Foto: iStock
6.Alkohol
Alkohol bukan makanan tapi sering disebut 'nol kalori'. Hal ini pula yang menyebabkan Anda tidak kenyang meminumnya. Tubuh tidak dapat menyimpan alkohol dan proses pencernaannya memerlukan konsumsi glikogen yang banyak.

Penelitian juga menunjukkan bahwa alkohol dapat mengubah sinyal pada otak yang meningkatkan nafsu makan. Inilah mengapa Anda merasa kentang goreng terlihat menarik setelah minum alkohol beberapa gelas.

Baca Juga: ini 5 Camilan Sehat yang Cocok Dikonsumsi Saat Lapar Tengah Malam

(dwa/odi)