Lontong Sayur Cakalang Diburu Pendatang Asal Jawa di Kota Manado

Michelle de Jonker - detikFood Senin, 04 Des 2017 10:30 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di Manado ada lontong sayur cakalang yang jadi favorit pendatang asal Jawa. Menu ini mengganti ayam yang biasa jadi pelengkap lontong sayur dengan suwiran ikan cakalang. Nikmat!

Jalan-jalan ke Manado, pastikan mencicip kuliner khasnya. Untuk menu sarapan, Anda bisa coba lontong sayur cakalang yang populer di kalangan pendatang asal Jawa di Manado.

Menu ini bisa ditemui di Rumah Makan Teras Kita di Manado. Pemiliknya berdarah Jawa sehingga menu yang dijual adalah selera Jawa, salah satunya lontong sayur.

Lontong Sayur Cakalang Diburu Pendatang Asal Jawa di Kota ManadoFoto: dok. detikFood

Baca Juga: Cakalang Fufu, Olahan Ikan Asap khas Sulawesi Utara yang Aromatik

Berbeda dengan lontong sayur biasa, lontong sayur cakalang diracik dengan tambahan suwiran ikan cakalang. Barulah isian lontong sayur seperti potongan labu siam disiram kuah santan. Tak ketinggalan irisan cabai merah untuk menghadirkan sensasi pedas.

Menu lontong sayur cakalang selalu diburu pencinta kuliner. Tak sedikit juga para pendatang asal Jawa yang sudah menetap lama di Manado mengandalkan menu lontong sayur disini untuk mengobati rindu daerah asalnya.

"Lontong sayur dengan cakalang, karena cakalang ini khas Manado. Harganya Rp 15.000. Belum ada di manado ini, ekonomis, murah dan enak lagi," ujar Arianto, pelanggan asal Jawa yang gemar melahap lontong sayur cakalang.

Baca Juga: Sedapnya Cakalang Fufu Berbumbu Pedas Aromatik

Lontong Sayur Cakalang Diburu Pendatang Asal Jawa di Kota ManadoFoto: dok. detikFood

Rumah makan ini juga menyediakan pilihan lontong sayur ayam untuk mereka yang tak suka ikan. "Lontong sayur rasa ikan cakalang, saya emang suka ikan sih yah, jadi lebih enak pake cakalang. Rasa ikan pokoknya enak, sebelumnya belum pernah nyobain menu ini, baru disini," ujar Ria Roroh, pelanggan asal Minahasa.

"Alhamdulilah selama ini laris, kita mencoba memodifikasi menu Jawa dengan masakan Manado, alhamdulilah respon masyarakat cukup baik. Harganya 15 ribu, omzetnya 25 sampai 30 mangkok terjual setiap hari. Jadi sebulan bisa dapat sampai sekitar Rp 2 juta," ujar Naning, pemilik Rumah Makan Teras Kita.

Lokasi rumah makan tidak jauh dari Bandara International Sam Ratulangi. Biasanya masakan di kawasan ini cenderung mahal namun tidak di Rumah Makan Teras Kita. Hanya dengan uang 15.000, Anda bisa makan semangkok lontong sayur ikan cakalang dan mendapatkan satu gelas air mineral.

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLife
×
Di Balik Gemerlap Host Livestreaming Online
Di Balik Gemerlap Host Livestreaming Online Selengkapnya