Di Daftar 1.000 Restoran Terbaik Dunia, Jepang dan China Catat Nama Terbanyak!

Nailatul Fadhillah - detikFood Minggu, 03 Des 2017 12:40 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Daftar 1.000 restoran terbaik dunia yang disusun oleh La Liste baru dikeluarkan. Selain restoran Prancis yang duduki peringkat 1, Jepang dan China tercatat punya restoran terbaik paling banyak.

Ada banyak restoran di dunia yang meraih bintang Michelin. Tentunya mereka saling berlomba menyuguhkan berbagai hidangan enak.

Dalam sebuah daftar restoran terbaik yang dirilis oleh La Liste, restoran di Prancis berhasil menduduki peringkat pertama.

Baca juga: Keren! 10 Restoran Terbaik Dunia Berdasarkan Ulasan Traveler

Di Daftar 1.000 Restoran Terbaik Dunia, Jepang dan China Catat Nama Terbanyak! Foto: Istimewa

Yang unik daftar ini juga mengungkap Jepang dan China kini tercatat memiliki banyak restoran terbaik dunia, melebihi negara manapun. Di Jepang ada 138 restoran dari 1000 restoran yang disebutkan, disusul China dengan 123 restoran.

"Asia memiliki lebih banyak restoran dibandingkan Eropa. Jadi, wajar saja La Liste mempertimbangkan hal itu," ujar Jorge Zipprick, sang penyusun daftar seperti dikutip dari Daily Mail (29/11).

Jorge telah menyusun La Liste sejak 3 tahun lalu sebagai saingan The World's 50 Best Restaurants dari Inggris yang juga mendunia.

Daftar La Liste menobatkan restoran Guy Savoy di Paris di urutan pertama selama dua tahun berturut-turut, diikuti oleh Le Bernadin di New York.

Di Daftar 1.000 Restoran Terbaik Dunia, Jepang dan China Catat Nama Terbanyak! Foto: Istimewa

Tapi posisi ketiga disabet oleh Kyubey di Tokyo, yang sering kali dikenal sebagai restoran sushi terbaik seantero Jepang. Dua restoran Jepang lainnya yang ada di top 20 adalah restoran Kyo Aji dan restoran di Perancis yang dijalankan oleh chef Joel Robuchon.

Posisi tertinggi yang diduduki oleh restoran China di top 20 adalah Huai Yang Fu di Andingmen di Beijing dengan menu andalannya yaitu olahan daging babi.

Baca juga: Inilah 50 Restoran yang Raih Penghargaan Restoran Terbaik di Dunia

Di urutan selanjutnya adalah Amerika Serikat dan Switzerland dengan jumlah terbesar perkapita, yakni 38 restoran dengan populasi penduduk yang hanya 8 juta orang saja.

Sementara itu, peringkat resminya akan dipublikasikan bersamaan dengan acara makan malam di Paris sekaligus sebagai perayaan bagi para pemenang.

(adr/adr)