Selamat Jalan Bondan Winarno

Trik Sehat A la Bondan Winarno Meski Banyak Makan Saat Syuting

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 30 Nov 2017 15:26 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Saat jadi pemandu acara 'Wisata Kuliner,' mendiang Bondan Winarno kerap dapat pertanyaan soal pola makan. Ia pun membeberkan trik makan sehatnya.

Membawakan acara kuliner sudah pasti mencicip kuliner yang sedang dibicarakan. Kalau dalam sehari masih mencicip satu atau dua hidangan saja mungkin tak masalah, terkadang Bondan harus mencoba 10 tempat makan dalam satu hari.

Tak ayal banyak orang selalu mempertanyakan trik makan Bondan. Dalam live chat bersama detikcom 7 tahun silam, Bondan pun coba menjawab pertanyaan itu.

Trik Sehat A la Bondan Winarno Meski Banyak Makan Saat SyutingBondan Winarno Punya Trik Makan Sehat (Foto: Istimewa)

"Untuk menjaga kesehatan, resepnya adalah: KETAHUILAH YANG KAMU MAKAN. KNOW WHAT YOU EAT. Kalau kita tidak tahu apa yang kita makan, bagaimana kita dapat memastikan bahwa makanan/minuman itu baik untuk tubuh kita?," tulis Bondan.

Baca Juga: Tampak Maknyus! 4 Makanan Sehat Ini Jadi Menu Diet Bondan Winarno

Mengenai kadar glukosa dan kolesterol yang sangat mungkin naik usai dirinya makan banyak, Bondan menjelaskan, "Tidak semua makanan yang saya makan berkolesterol tinggi atau berkadar gula tinggi. Kalau ada yang membuat statistik, akan tampak bahwa sebenarnya saya pun mulai "memberi contoh" tentang pilihan makanan sehat."

Sebagai contoh, saat pesan sate ia menghindari bagian lemak. Kecuali untuk sate Buntel yang memang memakai lemak sehingga tidak bisa dihindari. "Tapi biasanya juga tidak saya habiskan," tutur Bondan mengenai makanan ini.

Trik Sehat A la Bondan Winarno Meski Banyak Makan Saat SyutingSaat Makan Sate, Bondan Winarno Menghindari Lemak (Foto: dok. detikFood)

Saat di rumah, pria 67 tahun ini mengaku menjaga pola makannya. "Sekalipun di depan kamera saya tampak melahap berbagai jenis makanan, tetapi di rumah dan kehidupan sehari-hari saya selalu menjaga asupan makanan saya," tulis Bondan.

Baca Juga: Bondan Winarno Layak Disebut 'Anthony Bourdain Indonesia', Ini Alasannya

Pakar kuliner yang juga seorang wartawan ini juga mengungkap trik saat berat badannya naik. "Bila berat badan saya naik, segera saya melakukan detoks. Detoks yang saya lakukan biasanya dengan cara berikut: 1). tidak makan selama 2 hari, 2). tiap dua jam minum jus buah (tanpa gula), 3). tetap minum air 2 liter sehari. Biasanya, dalam 2 hari bisa hilang 1-1,5 kg," tutur Bondan.

Trik Sehat A la Bondan Winarno Meski Banyak Makan Saat SyutingMenu Sehat yang Dinikmati Bondan Winarno Semasa Hidup (Foto: Instagram/maknyusbw)

Baginya olahraga juga penting dan tidak tergantikan. "Tanpa olah raga, kita tidak bisa membakar kalori secara efisien. Bagaimana kita akan membangun otot bila tidak olah raga. Padahal otot lebih efektif membakar kalori dibanding lemak," pungkas Bondan kala itu.

Beberapa tahun belakangan, mendiang Bondan juga diketahui menjaga pola makannya. Ia berlangganan katering sehat di Pure Food Company, milik anaknya. Beberapa menu yang pernah disantap adalah ayam bakar taliwang dan sayur lodeh dan semur daging serta capcay.

(adr/adr)