ADVERTISEMENT

10 Etiket Makan Unik Dari Thailand Hingga Spanyol (2)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 26 Nov 2017 12:15 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Siapa sangka makan ikan di China dan pakai garpu di Thailand punya aturan khusus. Ini menyangkut etiket makan yang dipraktekkan warga lokal.

Etiket makan di suatu negara mengikuti tradisi yang berlaku di sana. Beberapa hal dilarang dilakukan karena dianggap menyimbolkan hal buruk. Seperti terangkum dalam paparan Mashed (19/11) berikut.

6. Jordan

10 Etiket Makan Unik Dari Thailand Hingga Spanyol (2)Foto: Istimewa

Negara di Timur Tengah ini punya aturan unik terkait kopi. Kopi adalah bagian penting yang melekat dalam budaya mereka. Menikmati kopi bersama-sama dianggap sebagai wadah untuk membicarakan atau menyelesaikan masalah penting. Karenanya saat menikmati kopi, pria dan wanita biasanya dipisah.

Masing-masing kelompok ini nantinya akan melihat tuan rumah menyiapkan kopi dan mencicipnya pertama kali, guna memastikan rasanya enak. Lalu tiap tamu nantinya menikmati sedikit kopi dalam gelas mungil. Penyajian kopi ini dari orang sebelah kanan ke kiri. Tiap orang maksimal menikmati 3 cangkir kopi. Kalau mau berhenti minum kopi bisa menggoyangkan gelas ke tuan rumah. Tapi paling tidak tamu harus mencicip secangkir kopi karena penolakan dianggap kasar.

7. China

10 Etiket Makan Unik Dari Thailand Hingga Spanyol (2)Foto: Istimewa

Ada banyak etiket makan berlaku saat orang China menikmati ikan. Salah satunya menu ikan atau hewan lain seperti bebek, harus dihidangkan dengan posisi kepala hewan tersebut menghadap orang yang paling tua di meja. Ini jadi cara untuk menghormati mereka.

Hal lain yang terlarang dilakukan adalah membalikkan ikan. Pasalnya membalikkan ikan berarti membalikkan tulangnya. Ini dikaitkan dengan seseorang menjadi pengkhianat atau 'menusuk' seseorang dari belakang. Membalikkan ikan juga bisa berarti mendoakan bencana untuk nelayan yang sedang melaut.

8. Thailand

10 Etiket Makan Unik Dari Thailand Hingga Spanyol (2)Foto: Istimewa

Masih dari Thailand, saat Anda makan bersama teman atau keluarga dalam jumlah banyak, jangan memesan makanan sendirian. Adalah tugas wanita paling tua dalam grup tersebut untuk memesankan makanan seluruh anggora grup. Termasuk jika Anda ingin memesan hidangan khusus sebaiknya tidak menyampaikannya di awal. Lebih baik mengembalikan makanan tersebut saat sudah sampai karena hal ini dianggap bukan masalah.

9. Italia

10 Etiket Makan Unik Dari Thailand Hingga Spanyol (2)Foto: Istimewa

Menikmati kopi di Italia harus memperhatikan jam. Salah satunya tidak memesan cappuccino setelah jam 11 siang waktu setempat. Pasalnya tak akan ada orang lokal memesan cappuccino di siang atau sore hari karena ada anggapan minum susu setelah jam 11 bisa mengganggu pencernaan.

Selain itu, saat memesan espresso tak usah bilang espresso karena kopi ini biasanya jadi bentuk minuman kopi paling standar di sana. Hindari pula menikmati kopi berlama-lama. Biasanya orang lokal memesan kopi untuk dibawa.

10. Spanyol

10 Etiket Makan Unik Dari Thailand Hingga Spanyol (2)Foto: Istimewa

Mencari meja kosong di restoran Spanyol bisa jadi menyulitkan. Di restoran bagus, Anda harus menunggu pegawai siap menanyakan dan mencarikan tempat duduk. Tapi kalau di bar tapas atau tempat makan ramai lainnya, tidak ada daftar tunggu dan tidak ada reservasi.

Anda harus mencari tempat duduk sendiri, misalnya dengan memperhatikan tamu mana yang kiranya akan selesai bersantap, lalu berdiri menunggu tak jauh dari mejanya. Setelah tamu itu pergi, Anda bisa merapihkan meja sendiri dan duduk di meja itu. Anda dituntut untuk cekatan saat mencari bangku di tempat seperti ini. (adr/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT