Ngetren Tapi 10 Makanan Ini Sebenarnya Tak Istimewa? (1)

Nailatul Fadhillah - detikFood Minggu, 26 Nov 2017 09:35 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Ciptakan inovasi dalam dunia kuliner kadang tak dipikirkan dengan matang. Beberapa hidangan tren justru rasanya tak sejalan dengan bentuk dan kepopulerannya.

Hidup pada zaman yang didominasi oleh tren, membuat segala aspek nyaris didikte oleh mode. Tak terkecuali makanan, adanya media sosial semakin mendorong terciptanya banyak inovasi.

Baca juga: 5 Tren Makanan Sehat yang Populer ini Sebaiknya Ditinggalkan

Setiap hari ada saja beberapa gaya makanan baru yang menakjubkan muncul di suatu tempat di seluruh dunia. Sayangnya, kebutuhan untuk menciptakan makanan baru tersebut seringkali mengorbankan kualitas rasa.

Dilansir dari Mashed (24/11), beberapa hidangan populer berikut ini memiliki kualitas rasa yang tak sejalan dengan bentuk dan kepopulerannya.

1. Matcha

Nge'tren', Tapi 10 Makanan Ini Sebenarnya Tak Enak? (1)Foto: Istimewa

Saat ini matcha sudah sangat akrab dengan masyarakat luas. Sudah dikreasikan ke dalam berbagai hidangan seperti crepes matcha, puding matcha dengan biji chia, yogurt matcha, muffin matcha dan lainnya.

Padahal, menurut Matcha Source, aslinya matcha memiliki rasa seperti nabati atau astringent alias terasa sepat.

2. Burger donat

Nge'tren', Tapi 10 Makanan Ini Sebenarnya Tak Enak? (1)Foto: Istimewa

Makan burger yang dilapisi gula, hal ini terasa kontras karena kuatnya rasa antara manis dan gurih. Selain itu, mereka mengandung sekitar 2.000 kalori, 50 gram lemak dan 8 gram garam yang tidak baik untuk tubuh.

3. Sushi Burritos

Nge'tren', Tapi 10 Makanan Ini Sebenarnya Tak Enak? (1)Foto: Istimewa

Meski menjadi tren, Sushi berukuran burrito tak lantas baik dalam segala-galanya. Rasa kenyang yang sangat mengerikan mungkin saja muncul usai menyantap hidangan ini.

Sebetulnya tujuan sushi dibuat dalam ukuran kecil adalah karena terdiri dari nasi yang dipadatkan dengan ikan mentah, sehingga mengkonsumsi dalam ukuran jumbo bisa membuat Anda merasa mual.

4. Cokelat

Nge'tren', Tapi 10 Makanan Ini Sebenarnya Tak Enak? (1)Foto: iStock

Penyuka cokelat bisa memuja cokelat kemasan ataupun produk olahan cokelat yang beredar dipasaran. Padahal, kakao yang telah dikenal sebagai bahan dasar untuk membuat produk olahan cokelat memiliki rasa yang pahit. Namun, ketika kakao sudah dicampurkan dengan susu dan gula, rasanya akan lebih enak.

5. Serpihan emas

Nge'tren', Tapi 10 Makanan Ini Sebenarnya Tak Enak? (1)Foto: Istimewa

Makanan dengan tambahan topping berupa serpihan emas sedang populer dan memiliki nilai jual tinggi. Sebetulnya serpihan emas tidak mengeluarkan rasa apapun, bahkan teksturnya lebih cenderung merusak cita rasa dari sebuah hidangan. Makanan dengan campuran serpihan ini cenderung memiliki harga jual yang tinggi, padahal 5 helai daun emas 24k hanya dihargai dengan $5 atau setara dengan Rp 67.500.

(lus/lus)