Yang Lezat dari Medan

Datang ke Medan, Jangan Lupa Cicip Lontong Sayur Enak di 5 Warung Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 25 Nov 2017 13:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan
Jakarta - Ke Medan? Jangan lupa ya cicip lontong Medan di warung ini. Kuahnya yang gurih kental dengan paduan rempah makin enak disantap dengan lontong yang pulen padat.

Di Indonesia, setiap daerah memiliki sajian lontong yang khas. Berbeda dengan lontong Betawi, lontong di Medan ini dibuat dengan bumbu yang khas dengan tambahan bihun hingga bumbu rendang.

Mampir ke Medan, 5 warung lontong sayur ini wajib Anda coba ya!

Baca juga: Enaknya Sarapan Lontong Sayur Medan dan Nasi Gemuk Khas Jambi

1. Lontong Kak Lin

Datang ke Medan, Jangan Lupa Cicip Lontong Medan Enak di 5 Warung Ini!Foto: Istimewa

Sarapan pagi, enaknya dengan lontong sayur ini. Warung lontong Medan Kak Lin ini sudah terkenal, lokasinya berada di depan SMAN 1 Medan atau di Jalan Teuku Cik Ditiro. Tidak di warung tenda, lontong Kak Lin ini berada di sebuah ruko yang nyaman. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1994. Salah satu menu lontong yang wajib Anda coba adalah lontong pecal. Tampilannya mirip seperti pecel atau gado-gado dengan paduan kuah gurih dan tidak encer.

Rasanya yang gurih dan pedas, makin enak dipadu dengan sate kerang. Selain menu lontong pecal, ada juga lontong sayur biasa, lupis hingga nasi gurih yang enak dinikmati untuk sarapan pagi ataupun makan siang. Kalau mau ke sini, sebaiknya jangan datang malam. Kak Lin membuat rumah makannya sejak pagi pukul 06.30 hingga sore hari pukul 18.00.

2. Lontong Warintek

Datang ke Medan, Jangan Lupa Cicip Lontong Medan Enak di 5 Warung Ini!Foto: Istimewa

Warung lontong ini berada di Jalan DR. Mansyur No. 159, tepatnya di Tj. Rejo, Medan Sunggal. Sudah berjualan lebih dari 25 tahun, warung ini juga jadi salah satu favorit makan lontong sayur Medan enak. Lontong Warintek ini menyajikan potongan lontong yang pulen padat dengan kuah santan berwarna kecokelatan. Tak lupa juga diberi pelengkap berupa bihun, keripik kentang hingga telur balado. Enak dan mengenyangkan!

Setiap harinya warung lontong ini buka pada pukul 06.30 pagi hingga 11.30 siang.

3. Lontong Terenak di Dunia

Datang ke Medan, Jangan Lupa Cicip Lontong Medan Enak di 5 Warung Ini!Foto: Istimewa

Begitulah nama sekaligus gambaran rasa dari semangkuk lontong Medan ini. Konon, nama ini diberikan oleh wakil presiden Jusuf Kalla saat mampir dan mencicip lontong di sini. Walaupun warungnya hanya beratapkan tenda, namun yang datang dari semua kalangan. Lontong nasinya dipadukan dengan kuah santan kental dengan warna oranye dan bisa Anda pilih lauknya sesuai dengan selera.

Selain lontong dan kuah yang gurih, Anda juga bisa menambahkan kentang kecil yang dibumbui rendang gurih yang agak pedas. Selain itu ada juga ikan balado dan jengkol yang sedap untuk teman makan nasi gurih. Nyam! Buka di jam makan siang yaitu pukul 12.00 hingga 17.00, sebaiknya datang lebih awal ya. Karena menurut banyak sumber, warung ini cepat habis karena ramai. Lokasinya ada di Jalan S. Parman tepat di parkiran Harley Davidson, Medan.

4. Lontong Bang Iwan

Datang ke Medan, Jangan Lupa Cicip Lontong Medan Enak di 5 Warung Ini!Foto: Istimewa

Berada di Jalan Teuku Cik Ditiro No. 9B, Madras Hulu, Medan. Anda bisa mencicip lontong racikan Bang Iwan. Potongan lontongnya yang empuk dengan siraman kuah sayur santan yang nikmat sangat enak dimakan bersama dengan bihun, kering kentang dan telur balado. Nyam! Warung lontong Bang Iwan buka pada pukul 7 pagi hingga jam 2 siang.

5. Lontong Warung Bu' Tom

Datang ke Medan, Jangan Lupa Cicip Lontong Medan Enak di 5 Warung Ini!Foto: Istimewa

Tempatnya ada di Jalan Kelambir V, dekat pasar (pajak) Kampung Lalang Medan. Sejak pagi sekitar pukul 06.30, warung ini sudah buka. Kuah santan yang gurih sedap makin enak ketika ditambahkan dengan tauco pedas, sambal kering kentang dan bihun. Makin enak disantap dengan kerupuk dan balao telur. Dijamin bikin kenyang!

Baca juga: Resep Sayur: Lontong Sayur Medan (lus/lus)
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan