Ragam Breakfast dan Brunch

Enaknya Sarapan Lontong Sayur Medan dan Nasi Gemuk Khas Jambi

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 17 Okt 2015 14:58 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Menu sarapan khas Sumatra ini lezat rasanya. Gurih mantap karena dipadukan dengan nasi, lontong serta aneka lauk pauk komplet.

Bukan hanya Sumatra Barat yang punya sajian menu enak. Tapi, Sumatra Utara dan Selatan juga punya sajian sarapan yang gurih enak. Seperti sarapan enak ini.

1. Katupek gulai nangka



Kuahnya santan yang kental dan super gurih membuat katupek khas Sumatra Barat. Potongan ketupat yang padat disiram dengan gulai nangka, ada jejak minyak dan cabai sehingga menghasilkan rasa gurih dan pedas. Jika memesan katupek, biasanya Anda juga dapat menambahkan telur gulai dan kerupuk berwarna merah jambu.

Yang membedakan gulai nangka ini adalah penambahan pakis kedalamnya. Gulai paku menjadi salah satu makanan khas daerah Pariaman. Sehingga jenis ketupat atau katupek ada bermacam-macam.

2. Lontong sayur Medan



Lontong sayur Medan ini dibuat dengan sayur gurih yang terdiri dari labu, sayur nangka kuah kuning, sayur labu siam, wortel dan kacang panjang. Dilengkapi dengan telur balado, rendang daging, kering tempe teri kacang dan kacang tanah goreng.

Ciri khasnya adalah penggunaan tauco Medan. Olahan kedelai ini diracik dengan udang tauco atau sayur tauco. Rasanya pedas gurih dengan aroma yang sedap. Untuk menikmati hidangan ini, Anda dapat mencicipnya di Kedai Kak Ani Kemang dan juga Kedai Mamak di Tebet.

3. Pempek dan tekwan



Di daerah asalnya, makanan yang satu ini memang biasa disajikan saat sarapan. Pempek ataupun tekwan dibuat dengan campuran tepung sagu dan ikan. Penyajian pempek ditemani oleh cuko alias saus gula merah dengan campuran udang ebi, cabe, bawang putih dan garam.

Sedangkan untuk tekwan disajikan dengan kuah kaldu udang yang gurih. Dipadu dengan potongan jamur, bunga sedap malam, daun bawang dan soun untuk menambah rasa kenyang. Di Jakarta, Anda dapat mencicip pempek ataupun tekwan di sini.

4. Nasi gemuk



Hidangan khas Jambi ini pasti jadi favorit Anda. Bentuknya memang mirip dengan nasi uduk a la Betawi, hanya saja yang membedakannya adalah sajian lauknya.

Nasinya dimasak dengan santan dan disajikan dengan aneka lauk seperti daging rendang, orek teri kacang, telur rebus hingga sambal yang pedas mantap. Kebanyakan masyarakat Jambi sering menikmati sarapan dengan nasi yang terbilang komplet ini.

5. Nasi kapau



Nasi rames khas Kapau, Sumatra Barat ini pasti bikin perut kenyang. Pasalnya, sajian ini disajikan dengan nasi dan aneka lauk pauk. Ada sambal, gulai sayur nangka (cubadak), gulai tunjang, gulai cangcang, gulai bebek hingga babat. Selain itu ada juga aneka lauk dengan sambal balado yang bisa Anda pilih.

Di Jakarta, pedagang nasi kapau berjejer di jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Sedangkan di daerah Bukittinggi, pedagang nasi kapau berada di Pasar Bawah. Uni berdagang nasi kapau di dalam wadah yang disusun menuurn. Wadah yang terlalu jauh akan diambil dengan centong bertangkai panjang dan biasanya terbuat dari tempurung kelapa.

6. Soto Padang



Soto bening a la Minang ini bisa jadi pilihan santap pagi. Kuahnya menghasilkan aroma wangi dari kapulaga dengan isian suun, perkedel dan dendeng daging yang renyah. Sangat enak disantap dengan kerupuk dan juga taburan bawang goreng. Jika tertarik, Anda dapat mengunjungi beberapa restoran di Jakarta dengan melihat referensinya di sini.

(lus/odi)