Agar Kulkas Bersih dan Teratur, Ikuti 5 Tips dari Ahli Ini!

Nailatul Fadhillah - detikFood Selasa, 21 Nov 2017 15:33 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Kulkas bersih dan teratur tentu lebih enak dipandang. Ada trik khusus membersihkan kulkas yang efektif dan efisien dari para ahli.

Kulkas tergolong pelengkapan dapur yang sering dipakai. Berbagai bahan makanan segar dan produk kemasan ditaruh di kulkas agar terjaga kualitasnya.

Pemakaian yang sering membuat kulkas lebih cepat kotor. Sayangnya membersihkan kulkas jadi tugas yang paling melelahkan.

Agar lebih efektif dan efisien, melalui NDTV (20/11) para ahli membeberkan trik membersihkan kulkas. Bisa jadi panduan Anda saat membersihkan kulkas akhir pekan ini.

Baca juga: Hilangkan Bau Tak Sedap pada Lemari Es dengan Bahan Murah Ini

1. Membersihkan kulkas

Agar Kulkas Bersih dan Teratur, Ikuti 5 Tips dari Ahli Ini! Foto: iStock

Keluarkan semua makanan, dan kosongkan kulkas sepenuhnya sebelum mulai membersihkan. Hal ini akan memudahkan proses pembersihan. Singkirkan juga rak kulkas yang dapat dilepas dan rendam dalam air hangat yang dicampur dengan cairan pencuci piring. Untuk noda kotor, bisa dihilangkan dengan lap yang sudah direndam sedikit cuka atau soda kue. Selanjutnya tinggal digosok perlahan dengan lap.

2. Penempatan makanan

Agar Kulkas Bersih dan Teratur, Ikuti 5 Tips dari Ahli Ini! Foto: Getty Images

Penempatan makanan yang tepat akan sangat membantu kulkas terlihat lebih teratur.
• Untuk mencegah tetesan yang tidak diinginkan, simpanlah daging mentah dan seafood di rak bawah freezer.

• Menempatkan daging, sayuran dan buah-buahan di dalam satu ruangan yang sama dapat meningkatkan risiko kontaminasi dan pembusukan.

• Jangan letakkan susu di dekat pintu karena suhu berfluktuasi maksimal di sekitar pintu. Sebaiknya simpan susu di tengah.

• Jangan memotong bahan makanan jika tidak langsung digunakan, karena bahan seperti daging, sayuran dan buah-buahan rentan terhadap pembusukan dan kontaminasi.

• Jangan menaruh makanan panas mendidih di lemari es, tunggu hingga dingin sampai suhu kamar sebelum menyimpannya guna mencegah penumpukan bakteri.

• Ambil stok menu makanan seminggu sekali. Ini akan membantu Anda menyingkirkan sisa bahan makanan yang tidak Anda butuhkan dan juga akan mempermudah Anda dalam menyusun daftar belanjaan.

3. Botol dan stoples

Agar Kulkas Bersih dan Teratur, Ikuti 5 Tips dari Ahli Ini! Foto: Thinkstock

Keluarkan stoples yang lengket dan bersihkan. Noda yang terakumulasi dalam waktu lama lebih sulit untuk dibersihkan. Anda bisa menyekanya dengan kain lembab atau gunakan campuran baking soda dan minyak sayur. Taruh campurn tersebut di atas noda dan gosok perlahan hingga nodanya hilang.

Baca juga: Ini Cara Benar Simpan Bahan Makanan di Kulkas Agar Lebih Awet Segar

4. Alasi rak kulkas

Agar Kulkas Bersih dan Teratur, Ikuti 5 Tips dari Ahli Ini! Foto: Thinkstock

Meletakkan alas pada rak-rak akan membantu rak terkena tumpahan bahan makanan secara langsung. Jika terjadi, cukup lepaskan alasnya, bersihkan dan ganti. Bersihkan tumpahan segera mungkin, gunakan campuran lemon atau baking soda dengan air.

5. Menghilangkan bau

Agar Kulkas Bersih dan Teratur, Ikuti 5 Tips dari Ahli Ini! Foto: Thinkstock

Cara tradisional hilangkan bau pada kulkas adalah dengan letakkan setengah potong lemon di setiap sudut kulkas. Tambahkan beberapa cengkeh agar aromanya semakin enak. Bisa pula dengan menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau busuk dan membuat kulkas Anda segar.

(adr/adr)